Rabu, 22 Mei 2019 13:44 WITA

Kota ini Legalkan Pengomposan Mayat Manusia Sebagai Alternatif Penguburan

Editor: Suriawati
Kota ini Legalkan Pengomposan Mayat Manusia Sebagai Alternatif Penguburan
Katrina Spade, CEO Recompose

RAKYATKU.COM - Washington telah menjadi negara bagian pertama di AS yang mengizinkan tubuh manusia diubah menjadi kompos, bukan dikuburkan atau dikremasi.

Gubernur Washington, Jay Inslee baru saja menandatangani undang-undang yang melegalkan fasilitas berlisensi untuk menawarkan "pengurangan organik alami".

Itu akan mengubah tubuh manusia menjadi tanah subur hanya dalam beberapa minggu. Selama prosesnya, tubuh akan dicampur dengan zat-zat seperti serpihan kayu dan jerami.

Proses ini didasarkan pada "pengomposan ternak" yang telah digunakan oleh petani selama beberapa tahun.

Washington sudah memiliki beberapa kuburan "hijau", di mana orang dapat dikuburkan tanpa pembalseman, peti mati atau batu nisan.

Satu orang yang berharap mendapat untung dari undang-undang baru ini adalah Katina Spade, pendiri dan CEO perusahaan Recompose.

Loading...

Di situs webnya disebutkan bahwa "layanan kami secara lembut mengubah sisa-sisa manusia menjadi tanah, sehingga kita dapat memelihara kehidupan baru setelah kita mati."

"Sistem modular kami menggunakan prinsip-prinsip alam untuk mengembalikan tubuh kita ke bumi, menyerap karbon dan meningkatkan kesehatan tanah. Faktanya, kita telah menghitung penghematan karbon lebih dari satu metrik ton per orang."

Tes pada sistem ini telah dilakukan pada tahun 2018, dengan menggunakan mayat enam orang sakit parah yang menyumbangkan tubuh mereka untuk penelitian.

Menurut Lynne Carpenter-Boggs, seorang ilmuwan tanah di Washington State University, proses pengmposan menghasilkan tanah yang bersih, dan tidak berbau.

Pengomposan manusia sama sekali bukan fenomena baru. Ini telah dimulai di Swedia sejak tahun 2005. Metode yang digunakan adalah membekukan tubuh lalu menghancurkannya menjadi bubuk halus, yang kemudian ditempatkan di kuburan dangkal.

Loading...
Loading...