Senin, 20 Mei 2019 13:27 WITA

Bisakah Anda Pecahkan Kode di Batu ini? Hadiahnya Rp32 Juta

Editor: Suriawati
Bisakah Anda Pecahkan Kode di Batu ini? Hadiahnya Rp32 Juta
Getty Images

RAKYATKU.COM - Sebuah batu berusia 230 tahun di sebuah desa di Prancis telah membuat bingung para ahli dan pejabat. Itu memiliki tulisan misterius yang belum bisa dipecahkan.

Untuk mengetahui pesan di batu itu, sebuah pemerintah setempat menawarkan hadiah €2.000 (Rp32 juta) kepada siapa saja yang dapat menguraikannya.

Kompetisi terbuka hingga November dan telah menerima ribuan pengajuan.

Batu itu ditemukan sekitar lima tahun yang lalu di teluk terpencil dekat komune Plougastel-Daoulas, di wilayah administrasi Brittany di Perancis barat laut. Itu hanya dapat diakses ketika air surut. 

Batu itu berasal dari sekitar tahun 1789, dengan tinggi 1 meter dan memuat 20 baris tulisan. 

Tetapi sampai saat ini teks tersebut tetap tidak dapat dipahami. 

"Kami telah bertanya kepada sejarawan dan arkeolog dari sekitar sini, tetapi tidak ada yang bisa menyelesaikan cerita di balik batu itu," kata walikota Plougastel, Dominique Cap.

"Jadi kami pikir [bahwa] mungkin di luar sana di dunia ini ada orang-orang yang memiliki jenis pengetahuan ahli yang kami butuhkan," tambahnya.

Bisakah Anda Pecahkan Kode di Batu ini? Hadiahnya Rp32 JutaBeberapa karakter yang diukir di batu itu menggunakan huruf Prancis normal, dan ada juga huruf 'Ø', yang merupakan vokal dalam bahasa Skandinavia dari bahasa Denmark, Norwegia, Faroese, dan Sami Selatan.

Loading...

"Ada banyak kata," kata Anggota Dewan Kota Michel Paugam, yang bertanggung jawab atas warisan lokal.

"Tapi kami tidak bisa membacanya, kami tidak bisa melihatnya," tambahnya.

Selain huruf, batu itu juga menampilkan gambar kapal, lengkap dengan layar dan kemudi, serta gambar hati, yang ditutupi oleh salib. Ada juga penulisan tahun, yaitu 1786 dan 1787.

Sejauh ini, batu itu telah melahirkan sejumlah teori.

Beberapa orang berpendapat bahwa teks tersebut mungkin berkaitan dengan pendirian benteng di dekat teluk, tempat batu itu ditemukan. 

Yang lain mengatakan bahwa ukiran itu diukir oleh seorang prajurit Rusia yang telah dipenjara di benteng terdekat.

Tapi semua itu masih kira-kira dan penduduk setempat butuh jawaban pasti.

Loading...
Loading...