Minggu, 19 Mei 2019 16:27 WITA

Perempuan Mantan Karyawati Bank Ini Bikin Dua Rekor di DPD RI

Editor: Abu Asyraf
Perempuan Mantan Karyawati Bank Ini Bikin Dua Rekor di DPD RI
Casytha Arriwi Kathmandu

RAKYATKU.COM - Calon anggota DPD RI asal Jawa Tengah membuat dua rekor sekaligus pada Pemilu 2019. Dia adalah Casytha Arriwi Kathmandu.

Rekor pertama, mantan karyawan bank ini menjadi senator termuda pada periode 2019-2024. Rekor kedua, perempuan 32 tahun ini menjadi perempuan pendatang baru peraih suara terbanyak dengan 2.080.525 suara.

Sytha --sapaannya-- adalah putri Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto. Suara terbanyak datang dari enam wilayah, yakni Kota Semarang, Kabupaten Wonogiri, Boyolali, Grobogan, Banyumas, dan Brebes.

"Saya terima kasih pada masyarakat Jateng karena dipercaya menjadi wakil di Senayan. Saya akan sepenuh hati menjaga kepercayaan ini," ujar alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) dan University of Melbourne ini seperti dikutip dari Beritasatu.com.

Calon Anggota DPD termuda itu meraih suara terbanyak kedua, setelah calon petahana Denty Eka Widi Pratiwi yang meraih suara terbanyak 2.347.604 suara. Urutan ketiga yakni Bambang Sutrisno 1.631.351 suara dan keempat Abdul Kholik 1.420.065 suara.

Loading...

Sytha selama ini lebih banyak menghabiskan waktunya sebagai dosen tidak tetap di Jurusan Ekonomi Universitas Diponegoro.

Dia juga sibuk menjadi anggota komite audit merangkap komite pemantau risiko di Bank Jateng. Namun karena nyaleg untuk DPD RI, ia terpaksa menanggalkan profesinya ini sejak September tahun lalu.

Lalu, apa hubungan namanya dengan Kathmandu, ibu kota Nepal? Ternyata tidak ada. Dia lahir di Solo 28 Desember 1987.

Orang tua memberi tambahan nama Kathmandu dari bahasa latin yang artinya memandu. "Jadi putri yang diharapkan untuk bisa memandu," urai Sytha tentang namanya seperti dikutip dari Detikcom.

Loading...
Loading...