Kamis, 16 Mei 2019 15:54 WITA

Alumni ITB yang Bongkar Kecurangan Situng KPU Ternyata Caleg PBB

Editor: Abu Asyraf
Alumni ITB yang Bongkar Kecurangan Situng KPU Ternyata Caleg PBB
Hairul Anas Suaidi (kanan) bersama Ustaz Tengku Zul dalam sebuah kesempatan. (FOTO: DOK PRIBADI)

RAKYATKU.COM - Hairul Anas Suaidi bikin heboh. Dia membongkar kecurangan dalam proses input data ke Situng KPU. 

Kesaksiannya terkait situng juga membuahkan putusan Bawaslu bahwa KPU terbukti secara dah dan meyakinkan melakukan pelanggaran dalam proses input data.

Sebelumnya, Hairul Anas Suaidi menjadi salah satu tokoh penting dalam simposium "mengungkap fakta-fakta kecurangan pilpres 2019" yang digelar BPN Prabowo-Sandi di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Di depan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno, dia mengungkap fakta-fakta manipulasi angka di situng KPU. Menurutnya, fakta itu tak bisa dibantah KPU saat diperlihatkan langsung.

"Mungkin banyak yang belum kenal saya, lebih banyak yang kenal robot yang saya bikin. Saya pencipta robot kata orang. Saya dari Sahabat PADI ITB," kata Anas saat itu ketika memulai presentasi. 

Anas lalu menjelaskan soal screen monitoring yang dia sebut sebagai 'robot'. Robot buatannya itu memotret laman Situng KPU per menit, dari data nasional hingga data per TPS. 

"Minta menit ke berapapun bisa kami kasih gambarnya. Jangan khawatir kalau bapak ibu menemukan kecurangan, di situng maupun kenyataan," ujar Anas. 

"Inilah yang disebut robot tidak ikhlas. Saya tidak ikhlas Pak Prabowo-Sandi dicuri suaranya, saya tidak ikhlas," sambungnya. 

Loading...

Berdasarkan penelusuran di situs LinkedIN, pria kelahiran Pamekasan 20 Juli 1976 itu menjabat sebagai Chief Executive Officer Edumatic Internasional, sebuah perusahaan konsultan teknologi informasi (TI) yang berbasis di Bandung, Jawa Barat.

Di waktu yang bersamaan, dia menjabat sebagai Country Manager Indonesia Authority Edumatic Sdn Bhd di Brunei Darussalam dari Februari 2009 hingga Februari 2010.

Sebelumnya, Hairul Anas sempat menjadi CANON ERP/Accounting Project Manager di Optima Infocitra Universal di Brunei Darussalam sejak Desember 2008 hingga Agustus 2009.

Pun dia sempat menjadi senior consultant di Qasya Technologies Sdn Bhd Brunei Darussalam selama dua tahun dari Agustus 2006 hingga Agustus 2008.

Selama setahun, dari Agustus 1999 hingga Agustus 2000, Hairul Anas sempat menjadi Training Manager di Jasinfo Electrical Engineering Department ITB.

Hairul Anas Suadi juga diketahui terdaftar sebagai calon anggota legislatif DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur XI yang meliputi Madura Raya, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Dia mendapat nomor urut 4.

Sayangnya, PBB gagal memenuhi parliamentary threshold atau ambang batas parlemen. Sehingga berapa pun suara Anas, tetap tidak bisa lolos ke DPR RI.

Loading...
Loading...