Kamis, 16 Mei 2019 15:20 WITA

Sudah Tiga Kali Pemilu, Rekapitulasi PPK Tamalate Ditarik KPU Makassar

Penulis: Fathul Khair
Editor: Andi Chaerul Fadli
Sudah Tiga Kali Pemilu, Rekapitulasi PPK Tamalate Ditarik KPU Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mengambil alih penghitungan suara tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) Kecamatan Tamalate, Selasa (16/5/2019). Rekapitulasi itu diambil alih, karena diduga terjadi masalah pergeseran suara caleg. 

Ketua KPU Sulsel, Misna M Attas mengungkapkan, penarikan rekapitulasi itu terpaksa dilakukan, karena beberapa pertimbangan. Tamalate merupakan kecamatan paling lama melakukan rekapitulasi di tingkat PPK. 

"Di Kecamatan Tamalate ini merupakan Pemilu ketiga dilakukan penarikan KPU Makassar. Yakni Pemilu 2009, 2014, dan 2019," kata Misna saat ditemui di Hotel Harper, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kamis (16/5/2019).

Atas kejadian ini kata Misna, akan dilakukan evaluasi terhadap penyelenggara Pemilu, terutama di tingkat PPS. 

Loading...

"Nanti kita evaluasi yang mana bermasalah. Tentu kita juga tidak mungkin menghakimi seseorang yang tidak bermasalah, atau menjadi korban dari kesalahan orang lain," ujarnya. 

Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar mengungkapkan, rekapitulasi di tingkat Provinsi baru dilakukan hari ini untuk KPU Makassar. Hal ini karena lamanya rekapitulasi di tingkat PPK Panakkukang dan Tamalate. 

"Di beberapa kecamatan memang banyak hal dinamisasinya yang alot. Soal pergeseran suara ini di Makassar, kami terbuka kalau ada yang komplain. Rekomendasi Bawaslu, khususnya di Tamalate, kita terbuka. Kita langsung membuka DA1 plano kita sandingkan dengan DAA," katanya. 

Loading...
Loading...