Minggu, 24 April 2016 16:48 WITA

SURVEI SMRC

Jika Pilpres Digelar Saat Ini, Ridwan Kamil Kalahkan Ahok, Jokowi Tak Tertandingi

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Jumardin Akas
Jika Pilpres Digelar Saat Ini, Ridwan Kamil Kalahkan Ahok, Jokowi Tak Tertandingi

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Hasil survei yang dilansir dari lembaga Saiful Mujani Research & Counsulting (SMRC), jika pemilihan Presiden RI dilakukan pada hari ini, maka Jokowi masih tetap akan terpilih menjadi Presiden RI. 

Berdasarkan rilis yang diterima Rakyatku.com, survei yang dilakukan pada tanggal 22-30 Maret 2016, Jokowi masih mengungguli pesaing lamanya Prabowo Subianto dengan presentasi 31,1 persen berbanding 12,6 persen. 

Sementara, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil berhasil mengungguli Gubernur Jakarta, Basuksi Tjahya Purnama alias Ahok dengan presentasi yang cukup tipis, 1,1 persen dengan 0,9 persen dalam pertanyaan 'top of mind'.

Sedangkan, Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Presiden RI ke-6, yang juga masuk dalam penelitian SMRC, berada di peringkat ketiga setelah Ketua Umum Gerindra, Prabowo dengan tingkat keterpilihan sebanyak 2,2 persen pemilih.

Berdasarkan survei SMRC yang menggunakan 1.220 responden, dengan teknik sampel acak, belum adanya figur yang mampu menggeser elektabiltas Jokowi hingga hampir 2 tahun masa kepemimpinannya. Hal tersebut ditandai dengan beberapa kemajuan dan tingkat kepercayaan publik yang semakin membaik.

Loading...

Misalnya, pada hasil survei yang sama, masyarakat masih percaya dengan kemampuan Presiden Jokowi memimpin. Bahkan, hasilnya sama dengan tingkat keyakinan masyarakat pada tahun 2015 sebesar 72 persen. 

Jika Pilpres Digelar Saat Ini, Ridwan Kamil Kalahkan Ahok, Jokowi Tak Tertandingi

Begitupun dengan kinerja Jokowi. Mayoritas masyarakat (59%) puas atas kinerja pemerintahan Jokowi. Hasil ini mengungguli Presiden sebelumnya, SBY yang hanya meraih trend positif di angka 55 persen di periode pertama di tahun 2006. 

Penelitian yang dilakukan oleh SMRC ini memiliki 'margin of error' sebesar 3,2 persen dengan tingkat kepercayan 95 persen. 

Loading...
Loading...