Kamis, 16 Mei 2019 00:01 WITA

Makassar Belum Rampung, Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi Molor Lagi

Penulis: Rizal
Editor: Aswad Syam
Makassar Belum Rampung, Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi Molor Lagi
Suasana rekap suara KPU Kota Makassar di Hotel Grand Asia, Rabu, 15 Mei 2019.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Kota Makassar, yang digelar di Hotel Grand Asia, belum rampung hingga Rabu malam (15/5/2019).

Berdasarkan pantauan Rakyatku.com, rekapitulasi untuk 15 kecamatan di Kota Makassar sudah selesai. Terakhir Kecamatan Tamalate yang direkap. Hanya saja, masih butuh waktu untuk sinkronisasi data di beberapa kecamatan terlebih dahulu, sebelum dilakukan rapat pleno penetapan hasil penghitungan suara tingkat Kota Makassar.

Di prediksi, rekap tingkat Kota Makassar yang digelar di Hotel Grand Asia, Jalan Boulevard, baru akan berakhir Kamis (16/5/2019) pagi.

Molornya proses rekap di tingkat Kota Makassar mengakibatkan tahapan rekap tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, yang dihelat di Hotel Harper, Jalan Perintis Kemerdekaan, pun kembali tertunda.

Pasalnya, Kota Makassar merupakan satu-satunya daerah yang belum menyerahkan hasil rekapnya ke KPU Sulsel untuk diplenokan. Praktis, KPU Sulsel harus menunggu selesainya rekap Kota Makassar untuk melanjutkan rekap tingkat provinsi.

Sebelumnya, Kabupaten Gowa yang juga terlambat, data rekapnya sudah rampung dan sudah diplenokan di tingkat provinsi pada Selasa (14/5/2019) kemarin.

Loading...

"Iya, kita akan komunikasikan lagi ke KPU RI soal ini. Sambil melihat jadwal pleno tingkat nasional," ungkap Komisioner Divisi Umum KPU Sulsel, Asram Jaya, kepada Rakyatku.com saat ditemui di sela-sela memantau proses rekap Kota Makassar.

Tertundanya pleno penetapan hasil rekap di tingkat provinsi, kali ini merupakan yang kedua kalinya. Sesuai tahapan, rekap tingkat provinsi seharusnya berakhir pada Minggu (12/5/2019) lalu. Hanya saja, saat itu KPU Sulsel meminta perpanjangan waktu ke KPU RI sebab Kota Makassar dan Kabupaten Gowa belum merampungkan hasil rekapnya.

KPU RI pun memberikan tambahan waktu ke KPU Sulsel hingga hari ini, Rabu (15/5/2019) pukul 24.00 Wita. Namun melihat progres rekap tingkat Kota Makassar yang belum juga selesai sampai saat ini, KPU Sulsel pun harus 'mengadu' lagi ke KPU RI untuk meminta tambahan waktu.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari KPU RI serta KPU Sulsel terkait kepastian lanjutan rekap tingkat provinsi.

Loading...
Loading...