Selasa, 14 Mei 2019 17:20 WITA

Legislator Dua Partai Pengusung Prof Andalan Ikut Teken Hak Angket

Penulis: Rizal
Editor: Aswad Syam
Legislator Dua Partai Pengusung Prof Andalan Ikut Teken Hak Angket
Nurdin Abdullah dalam sebuah acara.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sebanyak 45 legislator DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, telah menandatangani surat pengajuan hak angket untuk pemerintahan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan).

Data tersebut terekam hingga Selasa sore (14/5/2019). Ke-45 legislator tersebut berasal dari 9 fraksi dari total 10 fraksi di DPRD Sulsel. Dengan demikian, minus satu fraksi, yakni fraksi PDIP, yang belum ada perwakilan legislatornya yang ikut menandatangani surat pengajuan hak angket tersebut.

"Bertambah lagi dari 18 orang kemarin, hari ini sudah 45 orang dari 9 fraksi di DPRD Sulsel," kata Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif, saat ditemui Rakyatku.com di ruang kerjanya di Kantor DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Selasa (14/5/2019).

Menariknya, dari 45 legislator tersebut, terdapat legislator dari dua fraksi partai politik pengusung Prof Andalan di ajang Pilgub Sulsel 2018 lalu, yang ikut meneken pengajuan hak angket itu. Yakni, Mukhtar Badewing dari PAN dan Muh Jafar Sodding dari PKS.

Loading...

Seperti diketahui, pada Pilgub Sulsel 2018, Prof Andalan diusung tiga parpol, yaitu PDIP, PKS dan PAN.

Berdasarkan Pasal 64-68 Peraturan DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 1 tahun 2018 tentang Tata Tertib DPRD, pengajuan hak angket DPRD diusulkan paling sedikit 15 orang anggota DPRD dan lebih dari 1 fraksi. Usulan hak angket tersebut ditujukan kepada pimpinan DPRD.

Adapun usulan pengajuan hak angket tersebut disertai dengan dokumen, yang memuat sekurang-kurangnya dua hal pokok. Pertama, materi kebijakan pemerintah provinsi yang penting dan strategis serta berdampak luas pada masyarakat, yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan. Kedua, berisi tentang alasan penyelidikan.

Loading...
Loading...