Senin, 13 Mei 2019 15:05 WITA

Pilot Selamatkan 89 Nyawa Usai Daratkan Pesawat Tanpa Roda Depan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pilot Selamatkan 89 Nyawa Usai Daratkan Pesawat Tanpa Roda Depan

RAKYATKU.COM - Seorang pilot heroik menyelamatkan nyawa 89 penumpang dan awak pesawat dengan mendaratkan pesawatnya tanpa roda depan setelah roda pendaratan pesawat gagal dipasang.

Rekaman video luar biasa dari pendaratan darurat menunjukkan hidung pesawat Myanmar Airlines mengenai landasan pacu, menyebabkan percikan terbang ke udara ketika bagian depan pesawat menyeret di sepanjang tanah, dikutip dari Mirror, Senin (13/5/2019).

Banyak yang memuji tindakan kapten pesawat Burma, yang membuang bahan bakarnya sebelum mendarat untuk mengurangi bobot pesawat.

Tidak ada yang terluka dalam penerbangan UB-103 di Mandalay, Myanmar, pada hari Minggu, yang menjadi penerbangan kedua untuk menghadapi masalah di negara itu dalam waktu kurang dari seminggu.

Ye Htut Aung, wakil direktur jenderal Departemen Penerbangan Sipil Myanmar, mengatakan kepada AFP: "Mereka berusaha keras dua kali dengan terbang sekitar dua kali dan meminta untuk memeriksa apakah roda hidung turun atau tidak.

"Jadi mereka harus mendarat dengan roda belakang ... Pilot bisa mendaratkannya dengan terampil. Tidak ada korban."

Loading...

The Daily Mail melaporkan bahwa pilot, yang memulai prosedur darurat untuk membawa roda bawah, terbang dengan menara kontrol bandara dua kali untuk mengetahui apakah ban depan Embraer-190 telah dikerahkan.

Penerbangan di Bandara Internasional Mandalay dihentikan setelah insiden itu, meskipun tindakan ini dicabut untuk pesawat yang lebih kecil setelah dua jam.

Rekaman telah muncul dari asap yang naik di sekitar kaki penumpang di dalam pesawat, diikuti oleh orang-orang yang turun dari pesawat dan melintasi landasan dengan cara yang sangat santai.

Penumpang Soe Moe mengatakan kepada AFP: "Asap keluar sedikit ketika kami mendarat ... Semua penumpang baik-baik saja."

Loading...
Loading...