Sabtu, 11 Mei 2019 15:18 WITA

Tangkal Hoax, 30 Jurnalis di Palu Ikut Google News Initiative Training Network

Penulis: M. Qadri
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tangkal Hoax, 30 Jurnalis di Palu Ikut Google News Initiative Training Network

RAKYATKU.COM, PALU - Ada sebanyak 30 jurnalis di Kota Palu, Sulawesi Tengah mengikuti pelatihan kegiatan Google News Initiative Training Network yang digelar oleh Google News Initiative, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan Internews di Hotel Santika Palu. 

Pelatihan yang akan berlangsung dua hari sejak tanggal 11 - 12 Mei 2019, diisi dengan pemateri oleh trainner bersertifikat Google yaitu Mohammad Iqbal dan Mohammad Yunus. 

Mohammad Iqbal yang juga menjabat sebagai Ketua AJI Palu akan memperkenalkan penggunaan tools pada Google untuk menjadi mesin penangkal Hoax.

"Pelatihan ini diperuntukan untuk jurnalis, karena jurnalis berperan penting dalam menangkal hoax, khususnya di Indonesia. Dan juga pada pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini, akan memaksimalkan tools yang tersedia di Google untuk memperoleh data yang akurat," kata Iqbal yang akrab disapa Ballo itu.

Loading...

Menurutnya, upaya untuk melakukan fast cheking, harus dilakukan sebaik mungkin oleh pewarta berita, sebab verifikasi merupakan hal yang utama kerja jurnalistik.

Sebelumnya, Google News Initiative, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan Internews melakukan workshop atau pelatihan dasar terkait tools Google di Universitas Tadulako, yang mana pesertanya diikuti oleh 20 mahasiswa dari berbagai fakultas.

Hoax sering kali terjadi dalam bentuk foto, video maupun berita, yang mana pelaku hanya melakukan hal tersebut menjadi lucu-lucuan hingga menyesatkan publik.
 

Loading...
Loading...