Sabtu, 11 Mei 2019 13:45 WITA

Pesawat Jatuh di Pemukiman, Dua Pilot Memanjat Keluar dari Puing-puing

Editor: Aswad Syam
Pesawat Jatuh di Pemukiman, Dua Pilot Memanjat Keluar dari Puing-puing
Puing-puing pesawat ringan yang jatuh di area permukiman warga di Kosta Rika (CEDOC via Buenos Aires Times)

RAKYATKU.COM, KOSTA RIKA - Jumat, 10 Mei 2019. Damian Barreira dan rekannya, menerbangkan pesawat ringan ke Argentina.

Namun, tiba-tiba pesawat kehilangan kendali. Salah satu mesinnya tak berfungsi.

Damian kemudian mengarahkan pesawat, mencari area yang agak lapang. Saat itu, mereka sudah di atas San Jose, Kosta Rika. Di area pemukiman padat penduduk.

Di sebuah jalan yang sedikit lapang, di dekat sebuah bangunan, Damian mengarahkan pesawatnya. "Brukk...dum....bukkk" pesawat mendarat tak mulus. Sebelumnya menabrak sebuah pohon.

Pesawat hancur. Dari balik puing-puing, dua pilot asal Argentina itu, memanjat puing-puing, dan merangkak menjauh dari pesawat.

Dilansir dari AFP, Sabtu (11/5/2019), insiden ini terjadi di kawasan Pavas, San Jose, yang dipenuhi rumah warga dan sekolah. 

Loading...

Sejumlah saksi mata dan otoritas setempat menyebut pesawat ringan itu melakukan pendaratan tidak mulus di tengah area permukiman warga.

"Kedua pilot baik-baik saja, mereka berhasil keluar dari pesawat sendiri," sebut Kepala Otoritas Penerbangan Sipil Kosta Rika, Guillermo Hoppe, dalam pernyataan di lokasi kejadian. 

Penyebab kecelakaan ini masih diselidiki lebih lanjut oleh otoritas setempat. 

"Situasinya rumit, pesawat kehilangan seluruh tenaganya," tutur Damian Barreira, salah satu pilot yang selamat. Pernyataan pilot itu didapat dari sebuah video yang direkam oleh salah satu warga setempat dan disiarkan oleh televisi lokal. 

Hoppe mengatakan, dua pilot membeli itu pesawat ringan tersebut di Amerika Serikat (AS). 

Loading...
Loading...