Sabtu, 11 Mei 2019 09:16 WITA

"Trump Tidak Sekelas Dengan Obama dan Bush," kata Walikota London

Editor: Suriawati
Walikota London Sadiq Khan

RAKYATKU.COM - Walikota London, Sadiq Khan mengatakan bahwa Presiden AS Donald Trump tidak 'sekelas' dengan pendahulunya.

Karena alasan itu, menurut Khan, Trump tidak layak untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris.

Hanya beberapa presiden AS yang telah melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris, termasuk Barack Obama, yang berkunjung pada 2011 dan George W. Bush, yang berkunjung pada 2003.

"Sejarah memberi tahu kita bahwa hanya dua Presiden [AS] yang melakukan kunjungan kenegaraan," kata Khan dalam wawancara di stasiun radio Inggris, LBC, pada hari Jumat. 
"Presiden Trump tidak beraada di kelas yang sama dengan mereka berdua."

"Tentu saja kita harus memiliki hubungan dekat dengan presiden AS, tetapi kita tidak seharusnya menggelar karpet merah, kita seharusnya tidak melakukan perjamuan negara," tambahnya.

Trump telah melakukan perjalanan ke Inggris sebelumnya, di mana dia bertemu Ratu Elizabeth II di Windsor Castle pada tahun 2018. Tapi itu dianggap sebagai kunjungan kerja.

Loading...

Kali ini, kunjungannya direncanakan akan berlangsung dari 3-5 Juni, dan akan melibatkan ornamen kenegaraan.

Dia akan disambut dengan upacara seremonial yang megah, sama seperti dengan yang dinikmati Obama. Itu termasuk sambutan resmi di Pawai Pengawal Kuda, diikuti dengan makan siang dan makan malam di Istana Buckingham.

Kunjungan kenegaraan biasanya dilakukan atas undangan Ratu Elizabeth.

Trump sangat tidak populer di Inggris. Kunjungan kerja-nya pada tahun 2018 memicu protes yang melibatkan lebih dari 250.000 orang di London dan kota-kota lain.

Loading...
Loading...