Sabtu, 11 Mei 2019 09:21 WITA

Ramadan dan Idulfitri,  Telkomsel Perkirakan Layanan Data Meningkat 14 Persen

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Aswad Syam
Ramadan dan Idulfitri,  Telkomsel Perkirakan Layanan Data Meningkat 14 Persen
Petinggi Telkomsel mengecek trafik layanan data Telkomsel saat Ramadan dan jelang Idulfitri.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pada Ramadan dan Idulfitri (Rafi) tahun ini, Telkomsel Area Pamasuka  memperkirakan terjadi lonjakan trafik layanan data sebesar 14 Persen dibandingkan hari normal, bahkan sekitar 60 persen jika dibandingkan  tahun lalu. 

Hal ini dikarenakan perilaku komunikasi pemudik maupun pelanggan saat ini, didominasi penggunaan layanan data. Tingginya penggunaan layanan data antara lain dipicu seringnya pelanggan mengunggah foto dan video aktivitas mudik dan wisata ke media sosial, serta aplikasi pesan instan.

“Pada momen RAFI ini pula keandalan jaringan dan layanan Telkomsel yang sesungguhnya diuji, umumnya penggunaan layanan komunikasi lebih tinggi dibanding hari biasa. Untuk itu, sejak jauh-jauh hari Telkomsel menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan, agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan dengan nyaman pada saat periode RAFI,” ungkap Executive Vice President Telkomsel Area Pamasuka, Ronny Arnaz.

Secara Nasional, Telkomsel membangun 10.000 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia, untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

Sementara itu kata Ronny, trafik layanan suara diperkirakan turun sekitar -2%   dibanding hari normal, sedangkan trafik layanan SMS diperkirakan turun sekitar-25%  dibanding hari normal. 

“Dari mulai awal tahun 2019 sampai saat menjelang Ramadan dan Idulfitri  ini, Telkomsel Area Pamasuka telah  mengimplementasikan 2020  New  BTS 4G di seluruh pita frekuensi. Dengan hadirnya new BTS 4G tersebut  kami menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman menggunakan layanan broadband secara optimal dan prima,” jelas Ronny.

Lebih lanjut Ia mengatakan, Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan pada 12.780  BTS 4G, mengoperasikan 16  mobile BTS yang tersebar di seluruh Area Pamasuka, serta menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa. 

Loading...

Dari sisi produk dan layanan, Telkomsel berupaya menjaga ketersediaan kartu perdana dan layanan isi ulang pulsa, sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang biasanya meningkat pada periode RAFI. 

Telkomsel juga menggelar posko layanan di 142 titik strategis (point of interest) yang akan beroperasi mulai H-14 sampai H+7  yang meliputi Pelabuhan, Bandar Udara, Terminal Bus, Dermaga, Rest Area, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, Mall, Alun-Alun, Pantai, waterpark dan Mall.  

Selain itu, seluruh kanal pelayanan existing Telkomsel juga bersiaga melayani pelanggan, di antaranya 8 GraPARI Telkomsel Siaga, 119 Mobile GraPARI, dan 891 Outlet Siaga, yang melayani penjualan dan aktivasi produk, redeem TelkomselPOIN, Lucky Draw, aneka makanan dan minuman gratis melalui tukar poin, serta informasi seputar produk dan layanan terutama layanan digital dan broadband  selama periode RAFI.

Khusus di tanggal 5 – 6  Juni 2019 , Telkomsel menyiagakan 8 kantor layanan yang tetap beroperasi di hari lebaran. Kantor layanan tersebut adalah  GraPARI Balikpapan, GraPARI Mitra Kota Baru, GraPARI Makassar, GraPARI Manado Mantos, GraPARI Mitra MTC Karebosi, GraPAR Mall Panakukang, GraPARI Jayapura, GraPARI Ambon Layanan tersebut membuka jam layanan mulai pukul 10 hingga pukul 15.00 Wita . Khusus di mal, jam layanan menyesuaikan dengan jam layanan mal. 

"Beragam program ini kita hadir sebagai wujud syukur di momen Rafi ini yang bertepatan dengan Ulang Tahun tepat 24 tahun," pungkasnya.

Loading...
Loading...