Sabtu, 11 Mei 2019 09:10 WITA

Safari Perdana di Burau, Husler Sampaikan Capaian Program Pemda

Penulis: Ikram
Editor: Mays
Safari Perdana di Burau, Husler Sampaikan Capaian Program Pemda

RAKYATKU.COM, MALILI - Mengawali Safari Ramadhan 1440 Hijriah tahun 2019, Rrombongan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur yang dipimpin Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, melakukan lawatan perdana di Kecamatan Burau, Jumat (10/05/2019). 

Seperti biasanya, sebelum pelaksanaan Safari bersama masyarakat setempat, Bupati Luwu Timur beserta rombongan melakukan acara buka puasa bersama masyarakat yang hadir.

Sebelum memberikan sambutan, orang nomor satu di Bumi Batara Guru tersebut terlebih dahulu menyerahkan bantuan Dana Hibah untuk pemanfaatan pengembangan sarana ibadah dan yayasan, dengan total sebesar Rp692 juta. Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada masing-masing pengurus masjid dan yayasan.

Tak hanya bantuan hibah, secara simbolis Bupati juga menyerahkan 18 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa handtraktor kepada kelompok tani di 12 desa di Kecamatan Burau.

Di kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan realisasi program yang telah dilaksanakan, di antaranya, di sektor pendidikan, Ia mengatakan memasuki tahun ketiga sudah 8.843 mahasiswa telah memanfaatkan program bantuan pendidikan gratis bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu dengan anggaran mencapai Rp31 miliar.

"Tahun ini Pemerintah Kabupaten Luwu Timur kembali mengalokasikan anggaran sebesar Rp20 miliar untuk 5.000 mahasiswa, dengan harapan di setiap rumah nantinya ada sanak keluarganya yang sarjana," ujar Husler.

Di sektor kesehatan, kata Husler, masyarakat juga telah dipenuhi melalui integrasi bersama Pemerintah daerah dan BPJS kesehatan melalui pelayanan kesehatan kelas III. Sementara di sektor pertanian dalam arti luas, juga terus diprioritaskan Pemerintah yakni sarana dan prasarana pendukung seperti jalan tani dan produksi, bantuan benih dan pupuk hingga mesin pertanian.

loading...

Terkait infrastruktur, hingga tahun 2018 sudah terealisasi pembangunan aspal sepanjang 22,65 Km, jalan beton sepanjang 13,50 Km dan pembangunan jembatan sebanyak 5 unit.

Selain empat sektor prioritas tersebut, Pemerintah juga fokus di sektor sosial dan kemasyarakatan yakni program BSBR, dari tahun 2016, program BSBR telah membedah rumah sebanyak 3.659 unit, dengan alokasi anggaran Rp10 juta setiap rumah.

"Selanjutnya bantuan sosial juga telah disalurkan sebesar Rp3,4 miliar lebih," kata Husler.

Terkait kegiatan Safari Ramadhan, menurut Bupati, merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahun selama bulan Ramadan dengan maksud mendekatkan Pemerintah dan masyarakat sekaligus menyampaikan capaian program yang telah dilaksanakan Pemerintah.

“Kegiatan ini untuk menjalin silaturahmi sekaligus menyampaikan informasi terkait capaian-capaian pembangunan kepada masyarakat," kata Husler.

Di sela sela kegiatan Safari Ramadhan, Bupati juga berkesempatan melantiik pengurus Pimpinan Cabang Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Burau periode 2019-2024.

Loading...
Loading...