Jumat, 10 Mei 2019 18:31 WITA

Sultan Selangor Cabut Gelar 'Datuk Seri' Najib dan Rosmah

Editor: Aswad Syam
Sultan Selangor Cabut Gelar 'Datuk Seri' Najib dan Rosmah
Najib Tun Razak (kanan), bersama istrinya, Rosmah Mansor.

RAKYATKU.COM, MALAYSIA - Efektif sejak 6 Mei, gelar datuk dan seri untuk mantan perdana menteri Malaysia, Najib Razak dan istrinya Rosmah Mansor, telah dicabut oleh Sultan Selangor.

Itu mengikuti hasil dari kasus pengadilan terhadap mereka. Demikian pernyataan yang dibuat oleh Sekretaris Sultan Selangor Datuk Mohd Amin Ahmad Ahya, Jumat, 10 Mei 2019.

Menurut Malaysiakini, pencabutan gelar ini terjadi karena mereka saat ini terlibat dalam kasus korupsi di pengadilan, dan penguasa Selangor, Sultan Sharafuddin Idris Shah, telah memutuskan untuk mencabut gelar "Dato 'Seri" yang diberikan kepada Najib dan "Datin Paduka Seri" diberikan kepada Rosmah.

Pada 1992, Najib telah menerima Darjah Kebesaran Dato 'Paduka Mahkota Selangor (DPMS) Kelas Kedua, yang memiliki gelar Dato' terlampir. Kemudian pada tahun 2004, ia dianugerahi Keahlian Darjah Kebesaran Seri Paduka Mahkota Selangor (SPMS) Kelas Pertama dengan gelar Dato Seri. Adapun Rosmah, ia telah dianugerahi dengan SPMS Kelas Pertama yang mengusung gelar Datin Paduka Seri, pada tahun 2005.

“Dia telah didakwa di pengadilan karena berbagai tindakan korupsi, pelanggaran kepercayaan dan pencucian uang. Oleh karena itu Darjah Kebesaran SPMS dan DPMSnya telah ditangguhkan. Sultan akan meninjau ini setelah kesimpulan dari proses pengadilan," kata Mohd Amin tentang penangguhan gelar Najib.

Loading...

Rosmah juga saat ini terlibat dalam proses hukumnya sendiri dan telah dikenakan banyak dakwaan, dan mirip dengan kasus Najib, sultan mengatakan bahwa ia akan mempertimbangkan kembali begitu kasus pengadilan mereka mencapai vonis. Ini bukan sesuatu yang baru bagi mantan pasangan pertama, karena pada Oktober 2018, istana Negeri Sembilan juga mencabut gelar Datuk Seri mereka.

Namun, mereka masih memiliki banyak gelar Datuk Seri dari negara lain. Saat ini, Najib memiliki sembilan gelar dari Pahang, Perak, Malaka, Kedah, Penang, Perlis, Sabah dan Sarawak, sementara gelar Rosmah dianugerahkan oleh Pahang, Malaka, Kedah, Sabah dan Sarawak. Semua gelar ini membawa gelar Datuk Seri atau yang setara.

Sementara itu, pernyataan itu juga mengatakan bahwa sultan telah melucuti mantan direktur NGV Tech Sdn Bhd Zulkifli Shariff dari gelar Dato, karena Departemen Kepailitan telah mengkonfirmasi bahwa ia bangkrut.

Loading...
Loading...