Jumat, 10 Mei 2019 01:29 WITA

Eggi Sudjana Minta Jokowi Pakai Konsep Tahu Diri Seperti Pendahulu

Editor: Adil Patawai Anar
Eggi Sudjana Minta Jokowi Pakai Konsep Tahu Diri Seperti Pendahulu
Eggi Sudjana.

RAKYATKU.COM - Tersangka kasus dugaan makar, Eggi Sudjana, menyebut Joko Widodo harusnya tahu diri seperti presiden sebelumnya yaitu jika salah maka bersedia mengundurkan diri. Dia memberikan beberapa contoh seperti Soekarno hingga Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

"Jadi Jokowi, hendaklah pakai konsep tahu diri seperti pendahulu-pendahulunya. Siapa? Soekarno tahu diri sudah dipersoalkan oleh people power, dia mengeluarkan perintah 11 Maret. Soeharto dengan people power juga dia membuat pengunduran dirinya," kata dia di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu, Jalan MH.Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat dilansir Viva, Kamis 9 Mei 2019.

Kemudian Habibie tidak diterima laporan pertanggungjawabannya, dia tidak paksakan juga untuk jadi presiden. Kemudian yang terbaik lagi Gus Dur, sudah dikepung Istana, dia tidak pernah memerintahkan bansernya.

"Sudah punya pasukan yang berani mati untuk melawan rakyat, dia legowo dalam konteks dilengserkan oleh DPR," katanya.

Anehnya, Eggi mengaku yang ia permasalahkan dari Joko Widodo adalah saat kapasitas sebagai calon presiden melakukan kecurangan pada Pemilu 2019. Sehingga, ia merasa tak pantas ditetapkan jadi tersangka kasus makar karena dalam hal ini bukan pemerintahan sah yang hendak disasar seruan people power. Tapi di sini, ia justru menyinggung soal Jokowi dalam kapasitasnya sebagai presiden.

Loading...

"Jadi ini satu bukti presiden-presiden kita sebelumnya itu tahu diri. Nah, sekarang semua orang sudah tahu pemilu ini curang, dan betul-betul banyak yang sudah mati 522 orang mati (KPPS). Jokowi hanya mengatakan, biarin saja itu kan sudah takdir. Ini kan tidak melindungi rakyat," ujar dia lagi.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Tim Pembela Ulama dan Aktivis (TPUA) Eggi Sudjana ditetapkan tersangka dugaan makar oleh Polda Metro Jaya. Hal ini berdasarkan surat pemanggilan Eggi sebagai tersangka yang dikeluarkan Polda Metro Jaya.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono membenarkan perihal status hukum Eggi tersebut. "Betul sebagai tersangka," kata Argo saat dikonfirmasi, Kamis, 9 Mei 2019.

Loading...
Loading...