Sabtu, 30 Juli 2016 16:52 WITA

Sudah 99 Tewas Akibat Banjir di Asia Selatan

Editor: Suriawati
Sudah 99 Tewas Akibat Banjir di Asia Selatan
Banjir di Assam (Foto: India Today)

RAKYATKU.COM - Sedikitnya 17 orang tewas akibat hujan lebat dan banjir di negara bagian Assam, India Timur. Bencana yang sama juga melanda Bangladesh, mengakibatkan 14 orang tewas dan memaksa jutaan orang mengungsi.

Hujan lebat pekan ini telah menyebabkan gangguan yang luas di seluruh Asia Selatan, dengan setidaknya 68 orang tewas di Nepal akibat banjir bandang dan tanah longsor.

Meskipun hujan telah mereda pada hari Sabtu, para pejabat di Assam mengatakan bahwa tingkat air di sungai masih meluap.

Baca juga: 35 Militan Kurdi Tewas saat Bentrok dengan Tentara Turki

"Sungai meluap membanjiri daerah-daerah baru, membuat hal-hal jadi kian buruk," kata Keshab Mahanta, Menteri sumber daya air Assam.

loading...

Menteri Dalam Negeri India Rajnath Singh dijadwalkan mengunjungi Assam pada hari Sabtu dan melakukan survei udara serta berdiskusi dengan para pejabat negara tentang upaya bantuan.

Pihak berwenang di Asam telah membuka lebih dari 800 tempat penampungan sementara dan pusat distribusi makanan dan obat-obatan di seluruh negara bagian.

Banjir merupakan masalah tahunan selama musim hujan di Asia Selatan, tapi dampaknya telah diperburuk oleh infrastruktur yang kurang memadai, saluran air tersumbat dan ekspansi perkotaan tak terkendali.

Tags
Loading...
Loading...