Rabu, 08 Mei 2019 20:01 WITA

Ini Kisah Daeng Nassa, Warga Barru yang Hidup di Rumah Reyot

Penulis: Achmad Afandy
Editor: Aswad Syam
Ini Kisah Daeng Nassa, Warga Barru yang Hidup di Rumah Reyot
Kelompok wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Barru (AJB), menyerahkan bantuan kepada Daeng Nassa, penghuni rumah reyot di Kelurahan Tuwung, Kecamatan Barru.

RAKYATKU.COM, BARRU - Kisah hidup sepasang suami istri, Daeng Nassa (63) dan istrinya Daeng Lebang (60), sungguh memilukan. Warga Kelurahan Tuwung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru itu, tinggal di rumah tak laik huni.

Rumahnya berjarak sekitar 500 meter dari lokasi Pasar Sentral Mattirowalie. Rumah itu berukuran empat kali tiga meter. Dindingnya rapuh, begitupun papan lantainya. Bahkan tanah ia tempati membangun rumah masih milik orang lain.

Daeng Nassa hanya bisa meratapi hidupnya yang serba kekurangan. Ia tampak berbaring ketika komunitas wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Barru (AJB) mengunjungi rumahnya. AJB menyerahkan bantuan berupa bahan makanan.

Daeng Nassa menyambung hidup dengan bekerja sebagai tukang becak. Namun, sudah beberapa hari ia urung bekerja, lantaran kondisi fisiknya yang mulai sakit-sakitan.

Sejak terserang penyakit stroke lima tahun lalu, Daeng Nassa sudah tak produktif lagi. Daeng Nassa mengaku, selama ini kehidupannya serba kesulitan. Bahkan kadang-kadang hanya berharap bantuan tetangganya.

Loading...

Daeng Nassa sebenarnya punya tiga orang anak. Namun anak sulungnya yang berprofesi sebagai tukang ojek, meninggal setahun lalu, sementara dua lainnya beberapa waktu tak pulang ke rumah.

Usman, salah seorang tetangganya, menyatakan, keluarga tidak mampu ini kerap tak makan seharian. Salah seorang putranya yang juga tukang ojek, sudah meninggal satu tahun lalu.

Ahmadi Kalub, Ketua AJB, menyatakan, pemberian bantuan ini merupakan aksi peduli di bulan puasa. Apalagi warga yang disantuni ini hidupnya di bawah standar. 

“Kita serahkan bantuan atas kepedulian rekan-rekan media di Barru,” katanya, Rabu (8/5/2019).

Loading...
Loading...