Rabu, 08 Mei 2019 10:16 WITA

Bersama Tiga Lainnya, Imam Nahrawi Menpora Kedua yang Gagal ke Senayan

Editor: Abu Asyraf
Bersama Tiga Lainnya, Imam Nahrawi Menpora Kedua yang Gagal ke Senayan
Menpora Imam Nahrawi (kanan) dalam sebuah kesempatan.

RAKYATKU.COM - Empat menteri di Kabinet Indonesia Kerja (KIK) dipastikan gagal ke Senayan. Suara mereka tidak mencukupi untuk mendapatkan kursi.

Keempat menteri tersebut tiga di antaranya berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yakni Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, serta Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo. 

Satu menteri lainnya yakni Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Lukman yang bertarung di dapil Jawa Barat 6 gagal menyumbang kursi untuk partainya.

"Sepertinya PPP tidak dapat kursi di dapil Kota Bekasi, Kota Depok," kata Sekjen PPP Arsul Sani, Selasa (7/5/2019).

Wakil Sekjen PKB Ahmad Iman juga membenarkan bahwa tiga menteri dari partainya terancam tak lolos ke Senayan. "Berdasarkan hitungan dari KPU mereka tidak lolos," kata dia.

Sementara Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dipastikan lolos ke DPR dari dapil Jawa Timur 8. "Ya lolos dong, (tapi) saya belum tahu suaranya (Cak Imin) berapa," ujar Iman.

loading...

Bukan kali ini saja ada menteri yang gagal lolos ke Senayan. Pada Pemilu 2014, tiga menteri di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II juga gagal kembali ke parlemen. Mereka kalah suara di dapil masing-masing.

Ketiga menteri tersebut yaitu Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin yang bertarung di Dapil Sulawesi Tenggara 2 dari Partai Demokrat. 

Lalu, Menteri Pertanian Suswono yang bertarung di Dapil Jawa Tengah 10 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kemudian Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo yang bertarung di Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari partai Demokrat.

Loading...
Loading...