Selasa, 07 Mei 2019 18:04 WITA

Qatar Alokasikan Bantuan Rp6,8 Triliun untuk Palestina

Editor: Suriawati
Qatar Alokasikan Bantuan Rp6,8 Triliun untuk Palestina
Anak Palestina memegang bendera Qatar selama demonstrasi untuk mendukung Qatar, di Khan Yunis, Gaza pada 14 Juni 2017 (Anadolu Agency)

RAKYATKU.COM - Qatar mengumumkan telah mengalokasikan US$ 480 juta (Rp6,8 Triliun) untuk bantuan kepada Otoritas Palestina.

Dana itu akan mendukung layanan pendidikan dan kesehatan dan memberikan bantuan kemanusiaan yang mendesak di Palestina.

"Negara Qatar telah mengalokasikan US $ 300 juta dalam bentuk hibah dan pinjaman untuk mendukung anggaran sektor kesehatan dan pendidikan Otoritas Palestina," demikian laporan kantor berita resmi Qatar.

Dikatakan bahwa Doha juga telah mengalokasikan US$ 180 juta sebagai bantuan darurat dan bantuan kemanusiaan dalam mendukung program-program PBB di Palestina."

Bantuan juga akan masuk ke sektor listrik untuk memastikan pasokan tidak terganggu, kata pernyataan itu.

Perekonomian Palestina telah terpukul oleh pemotongan dua sumber utama pendapatannya.

Loading...

Pertama, AS telah mengakhiri semua bantuan bilateral setelah Palestina memutuskan hubungan atas kemarahan setelah AS mengakui kota Yerusalem sebagai ibukota Israel pada tahun 2017.

Kedua, pertikaian dengan Israel telah menyebabkan penghentian pengalihan bea cukai yang dikenakan pada barang-barang yang ditujukan untuk pasar Palestina.

Pada bulan Februari, Israel memutuskan untuk mengurangi penerimaan bea cukai yang ditransfer ke Palestina sekitar US $ 10 juta sebulan.

Qatar yang kaya gas adalah pemberi bantuan utama bagi Palestina, baik untuk Otoritas Palestina yang bermarkas di Abbas di Tepi Barat dan kepada Hamas di Gaza.

Loading...
Loading...