Selasa, 07 Mei 2019 11:49 WITA

"Halo Saya Butuh Ambulans, Ibu Sakit," Saat Petugas Tiba, Ternyata Penelepon Anies Baswedan

Editor: Aswad Syam
Anies Baswedan bersama dua petugas ambulans. (Dok: Instagram Dinkes DKI Jakarta)

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Pukul 23.00 WIB, ibunda Anies, Aliyah Rasyid Baswedan, mengalami masalah syaraf dan tidak bisa bergerak. Karena kondisi tersebut, ibunda Anies tidak mungkin dibawa ke rumah sakit sendiri tanpa bantuan. Karenanya, Anies lalu menelepon 112/119 untuk layanan emergency.

Sekitar 25 menit kemudian, ambulans datang membawa tandu. Petugas kaget saat mengetahui yang menelepon adalah Anies Rasyid Baswedan, pria yang menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Soalnya, saat menelepon petugas, dia tidak mengungkapkan identitasnya.

Salah seorang petugas lalu menulis kisah itu di  Instagram Dinkes DKI. 

Anies sendiri tidak mengira peristiwa itu kemudian ditulis oleh seseorang, dan jadi ramai dibahas. Sejak awal, dia mengaku memang tidak menyebut jabatannya sebagai gubernur DKI Jakarta saat menelepon ambulans. 

"Kalau saya telepon minta bantuan ambulans ya saya kontak sebagai orang yang membutuhkan ambulans, tidak perlu, nggak penting jabatannya apa," ujar Anies kepada wartawan, Selasa, (7/5/2019), mengingat kembali peristiwa minggu lalu itu. 

Menurut Anies, waktu petugas datang mereka tidak tahu kalau itu rumah Anies. Saat itu, Anies masuk ganti baju.

"Jadi waktu saya datang mereka njondel-njondel kaget gitu, itu saja," ucap Anies. 

Loading...

Anies pun ikut menemani ibunya menuju Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan. Dia, memuji layanan yang diberikan oleh petugas ambulans. 

"Bagus, satu cepat datang, kedua sangat profesional, jadi dilayani dicek jantung, tekanan darah, dicek apakah ada masalah-masalah yang genting baru kemudian dibawa, dan saya ikut sama-sama ambulans sekitar jam 11 malem," ucap Anis sebagaimana dilansir dari Detik. 

Sebelumnya diberitakan, cerita tentang Anies itu diunggah ulang oleh akun Instagram Dinas Kesehatan DKI Jakarta. 

"Ketika petugas masuk ke dalam kediaman pasien, petugas terkejut karena ternyata yang sedang emergency itu ibunda dari orang nomor 1 di DKI. Setelah penanganan oleh petugas AGD, ibunda orang no 1 di DKI ini pun dievakuasi menuju RS terdekat. Dan tetap, orang nomor 1 di DKI ini ikut ke dalam ambulans duduk di bagian belakang menemani ibunda tercinta," demikian keterangan di akun Instagram Dinkes DKI, Minggu (5/5/2019).

Penulis cerita itu mengaku kagum atas sikap tawadhu Anies meski menjabat sebagai gubernur. Anies disebut tetap menjalankan prosedur standar saat menghubungi emergency.

"Meskipun engkau orang nomor 1 di DKI namun tetap engkau mengikuti SOP yang berlaku dengan menghubungi layanan emergency 112/119 seperti masyarakat biasa pada umumnya. Dan engkau pun ikut mendampingi ibundamu di dalam ambulans. Bukan mengiringi dengan mobil mewah mahalmu," bebernya.    

Loading...
Loading...