Senin, 06 Mei 2019 06:00 WITA

Ini Tanda-tanda Jodoh Sudah Dekat Menurut Quraish Shihab

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Tanda-tanda Jodoh Sudah Dekat Menurut Quraish Shihab
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Setiap orang diciptakan berpasang-pasangan. Namun tidak ada dari kita bisa tahu siapa yang akan menjadi pendamping hidup.

Jodoh merupakan rahasia Allah yang akan ditunjukkan kepada kita suatu saat. Meski begitu, ada tanda-tanda tertentu yang bisa dikenali ketika jodoh sudah dekat.

Menurut Pakar Tafsir Quraish Shihab, terdapat beberapa tanda yang akan membuat seseorang sadar bahwa dia adalah jodoh yang telah dikirim Tuhan padanya.

Adapun salah satu tanda jodoh sudah dekat menurut Quraish Shihab adalah ketika merasakan hati bergetar. 

Beliau mengilustrasikan bahwa hati ibarat sinyal, jika ia berdetak karena seseorang maka bisa jadi itu sebuah pertanda.

Menurutnya, sebagaimana pikiran bisa memikirkan sesuatu maka begitu pula akal dan hati akan bekerja ketika melihat seorang wanita.Tapi akal memiliki pertimbangan berbeda dengan hati.

Loading...

Akal bisa salah, namun hati yang diliputi petunjuk kebenaran bisa menyibak di balik kekurangan seseorang. Sebab tidak ada seorangpun yang luput dari kekurangan yang tidak bisa terjangkau oleh akal. 

Sehingga Rasulullah dalam sebuah hadis riwayat Bukhari pun berpesan kepada umatnya, ketika dihinggapi keragu-raguan maka mintalah fatwa pada hati.

“Karena itu, misalnya jika Anda sudah senang kepada seseorang jangan lagi tanya pada akal anda. Karena jika bertanya kepada Akal maka akan tampak banyak kekurangannya. Tapi tanyakanlah pada hati. Katika hati anda bergerak, ketika itu hati akan mencarikan pembenaran untuk akal,” jelas pengarang Tafsir al-Misbah tersebut.

Jadi diperlukan hadirnya hati dalam menentukan jodoh, karena jika hati sudah bergetar bisa jadi itu sebuah pertanda. Apalagi dalam pernikahan diharapkan ada sakinah, mawadah dan rahmah. Tiga hal ini semuanya berkaitan dengan hati.

Sumber: Bincangsyariah

Tags
Loading...
Loading...