Sabtu, 04 Mei 2019 15:10 WITA

Gudang Penyimpanan Logistik Pemilu Terbakar, Surat Suara Ludes

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Gudang Penyimpanan Logistik Pemilu Terbakar, Surat Suara Ludes
Ist.

RAKYATKU.COM - Kebakaran terjadi di Kantor Camat Gunungsitoli, Nias, Sumatera Utara, yang menjadi gudang penyimpanan kotak dan surat suara Pemilu.

Camat Gunungsitoli, Eko Ary Yanto Zebua mengatakan, tempat penyimpangan kotak dan surat suara itu berada di aula Kantor Camat. 

"Kebakaran terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Aula yang terbakar adalah tempat perhitungan suara pemilu. Untuk kotak suara dan surat suara sudah hangus semua‎," kata Eko.

Usai kebakaran, pihak Kecamatan Gunungsitoli telah melakukan koordinasi dengan Kepolisian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli, dan Bawaslu Kota Gunungsitoli, guna menindaklanjuti langkah apa dilakukan.

"Ada 825 kotak suara yang terbakar. Penyebab kebakaran belum diketahui," beber Eko dikutip Kumparan, Sabtu (4/5/2019).

Kejadian tersebut dibenarkan  Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan. "Jadi (yang terbakar) Kantor Camat yang merangkap Kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gunungsitoli," katanya.

Loading...

Dia menjelaskan, kebakaran diduga terjadi pukul 03.50 WIB. Hampir seluruh gedung Kantor Camat tersebut terbakar, hingga kotak dan surat suara tak bisa diselamatkan.

"Namun anggota (kepolisian) yang berjaga dan terjaga, berhasil menyelamatkan DA 1 (formulir hasil rekapitulasi) yang sudah selesai dan ditandatangani para saksi, termasuk komputer Situng," ujar Deni.

Menurut Deni, api baru bisa dipadamkan oleh pemadam kebakaran sekitar pukul 07.00 WIB. "Penyebab (kebakaran masih dalam proses penyelidikan," pungkasnya.


 

Loading...
Loading...