Sabtu, 04 Mei 2019 14:03 WITA

Puluhan Tenaga Kesehatan RS Andi Makkasau Diberi Pelatihan Manajemen Nyeri

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Aswad Syam
Puluhan Tenaga Kesehatan RS Andi Makkasau Diberi Pelatihan Manajemen Nyeri
Para peserta Manajemen Nyeri In House Training, Sabtu (4/5/2019).

RAKYATKU.COM, PAREPARE -- Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkassau Kota Parepare, melaksanakan Pelatihan Manajemen Nyeri In House Training, Sabtu (4/5/2019).

Kegiatan ini diikuti 50 peserta, terdiri dari dokter umum RSUD, kepala ruangan, ketua tim, perawat-perawat pelaksana di setiap ruangan, dan petugas fisioterapi, digelar dalam usaha meningkatkan pengetahuan bagi tenaga kesehatan tentang manajemen nyeri.

Kepala Bidang (Kabid) Penunjang Pelayanan RSUD Andi Makkasau Parepare, Fitri menjelaskan, pelaksanaan pelatihan itu bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi tenaga kesehatan di RS itu, tentang pengelolaan rasa nyeri, serta cara-cara untuk mengatasi nyeri pada berbagai penyebab saat bertugas melayani pasien.

Dalam akreditasi versi 2012, tambah Fitri, pelatihan manajemen nyeri (disaster plan) di rumah sakit, merupakan salah satu elemen penilaian, yang dipersyaratkan untuk dipenuhi pihak Rumah Sakit kepada tenaga kesehatan yang bertugas di RS.

Loading...

"Keluhan nyeri pada tenaga kesehatan merupakan keluhan yang paling umum ditemukan, ketika kita sedang melakukan tugas sebagai bagian dari tim kesehatan, baik itu di ruangan pelayanan rawat jalan, maupun rawat inap. Olehnya itu, melalui pelatihan ini sangat penting diberikan untuk memberikan hasil pelayanan yang memuaskan kepada pasien," tambah Fitri.

Narasumber pada pelatihan manajemen nyeri in house training di antaranya, 2 orang dokter SMF Anestesi, 1 dokter Orthopedi, 1 dokter saraf, dan 1 orang perawat.

Loading...
Loading...