Jumat, 03 Mei 2019 22:32 WITA

"Ah, Itu Saya Tahu Lah," Populer di TV, Ferdinand dan Jansen Gagal Tembus DPR

Editor: Abu Asyraf
Jansen Sitindaon saat tampil di salah satu stasiun televisi.

RAKYATKU.COM - Popularitas bukan jaminan untuk terpilih ke parlemen. Dua politikus Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean dan Jansen Sitindaon contohnya.

Selama masa kampanye Pilpres 2019, keduanya paling sering tampil di stasiun televisi. Keduanya menjadi juru debat BPN Prabowo-Sandi. Penampilan mereka cukup memukau. Itu terlihat dari respons warganet.

Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon bertarung menuju DPR RI melalui Dapil Sumatera Utara 3. Sementara Ketua Divisi Hukum dan Advokasi Ferdinand Hutahaean maju dari Dapil Jawa Barat 5 yang meliputi Bogor..

Walau rekapitulasi suara belum selesai, Jansen sudah tahu dirinya tidak terpilih. "Kecenderungannya sih kalah," kata Jansen.

Ferdinand sendiri pasrah tidak terpilih. Dia mengaku baru pertama kali bertarung pada pemilu legislatif. Selama ini, dia merasa tidak terlalu masif bersosialisasi. Alasannya, tingkat toleransi masyarakat terhadap politik uang cukup tinggi.

"Ah, itu saya tahulah. Ya saya tahulah apa yang saya lakukan. Kita juga kan terbatas, enggak ini lah," ujar Ferdinand.

Loading...

Dia mengaku sejak awal turun menjadi caleg, memang tidak punya harapan dan tidak punya ekspektasi lolos sebagai anggota DPR terpilih.

Ferdinand mengatakan, ongkos politik yang mahal membuat dirinya hanya turun di 40 titik selama masa kampanye. "Cost tinggi dan saya tidak mau melakukan itu maka saya turun ke dapil terbatas sekali," ujarnya.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Renanda Bachtar mengungkapkan, sejumlah calon legislatif (caleg) Demokrat kemungkinan besar lolos ke DPR periode 2019-2024, berdasarkan rekapitulasi suara. 

Ia mengatakan, Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono dan Ketua DPP Partai Demokrat Dede Yusuf dipastikan mendapat kursi di DPR. Selain itu, ada sejumlah nama caleg Demokrat yang dipastikan lolos. 

Nama lain yang dipastikan lolos, yakni Teuku Riefky Harsya, Muslim, Mulyadi, Darizal Basyir, Rezka Oktoberian, Wahyu Sanjaya, Marwan Cik Asam, Lasmi, Yoyok Sukawi, Djoko Udjianto, Sartono Hutomo, Erma Ranik, dan Michael Watimena.

Loading...
Loading...