Jumat, 03 Mei 2019 19:42 WITA

412 Petugas KPPS Meninggal, PKS Instruksikan Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Editor: Mulyadi Abdillah
412 Petugas KPPS Meninggal, PKS Instruksikan Kibarkan Bendera Setengah Tiang
Foto: IST

RAKYATKU.COM - Presiden Partai keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman menginsturuksikan kepada seluruh kader dan pengurus untuk mengibarkan bendera setengah tiang. Instruksi ini sebagai bentuk belasungkawa PKS atas jatuhnya ratusan korban jiwa pada pelaksanaan Pemilu 2019. 

"Kita bisa sebut, ini adalah Pemilu terduka, sampai saat ini tercatat 412 orang panitia pemilu yang meninggal dunia dan jumlah yang sakit jauh lebih banyak lagi. Oleh karenanya, Presiden PKS intruksikan memasang bendera setengah tiang," ucap Juru Bicara Muda PKS, Pipin Sopian dilansir dari situs PKS, pada Jum'at (3/5/2019).

Hal ini disampaikan Pipin dalam acara Youth Corner DPP PKS, yang berlangsung di Jakarta Selatan. Menurut Pipin, jatuhnya ratusan korban pada pemilu 2019 ini merupakan bentuk ketidaksiapan pemerintah dalam melakukan pemilihan umum secara serentak.

"Jatuhnya banyak korban ini menunjukan bahwa undang-undang pemilu diolah oleh KPU tanpa persiapan yang matang dan tidak sesuai dengan kondisi di lapangan. Seharusnya KPU sebagai penyelenggara pemilihan umum dapat belajar dari pemilu Lampung saat itu, yang melakukan pemilihan serentak pemilihan umum dan pilkada, itu perhitungannya sampai pagi. Apalagi ini yang sekalanya nasional, perhitungan suara selesai hingga berhari-hari," demikian Pipin.

loading...

Sebelumnya diberitakan, data yang diterima KPU hingga hari ini menunjukkan 400 lebih petugas KPPS meninggal dunia. Bahkan sebanyak 3.658 petugas KPPS sakit.

"Itu masih yang terakhir saya dapat masih 412 (meninggal) yang tadi malam, pukul 08.00 WIB malam, tanggal 2 Mei kita dapat dan dihimpun dari daerah," ujar Komisioner KPU Evi Novida Ginting di Jurang Mangu Timur, Tangerang Selatan, Jumat (3/5).

Loading...
Loading...