Senin, 29 April 2019 08:40 WITA

Yosia Rinto Pantau Langsung Titik Banjir Toraja Utara

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Yosia Rinto Pantau Langsung Titik Banjir Toraja Utara

RAKYATKU.COM, TORAJA UTARA - Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, memantau langsung banjir di sejumlah titik di Rantepao dan Kesu’, Minggu (28/04/2019) malam.

Adapun titik-titik banjir yang dipantau langsung Yosia Rinto, yakni sekitaran Pasar Pagi Rantepao hingga ke Jembatan Singki', kawasan Karassik, Bua dan Jembatan Alang-Alang.

Yosia Rinto tak sendiri. Nampak ia didampingi Camat Sopai, Marthen Panggalo, Lurah Rantepao, Gustan Tikupasang, Kepala Lembang Nonongan Ibrahim Lapu’ dan Pendeta Meisel Basongan.

Yosia Rinto mengatakan, banjir tersebut disebabakan curah hujan yang tinggi sejak Minggu sore sampai malam. Selain itu, penyempitan badan sungai akibat permukiman menjadi sebab lain.

Loading...

“Juga kebiasaan buruk masyarakat yang membuang sampah ke sungai membuat aliran air terhambat,” ungkapnya.

Untuk itu ia pun mengimbau kepada masyarakat sekitaran sungai agar tidak lagi membuang sampah ke sungai. Warga juga diingatkan untuk tidak melanggar Peraturan Daerah tentang Sempadan Jalan dan Sempadan Sungai, dengan tidak membangun bangunan di daerah aliran sungai.

Selain itu, Yosia Rinto juga langsung memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk melakukan langkah-langkah penanggulangan darurat jika ada warga maupun fasilitas public yang terdampak banjir.

Loading...
Loading...