Senin, 29 April 2019 07:00 WITA

Lima Manfaat Besar Bagi yang Rajin Sedekah

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Lima Manfaat Besar Bagi yang Rajin Sedekah
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Sodaqoh, atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sedekah merupakan suatu perbuatan mulia yang diajarkan oleh semua agama.

Ternyata, kegiatan positif ini memiliki banyak manfaat yang besar bagi siapapun yang rajin melakukannya, mulai dari menghapus dosa, menyucikan harta dan meningkatkan hubungan sosial bagi sesama manusia. 

Namun, tahukah kamu bahwa sedekah memiliki banyak manfaat yang lainnya? Dilansir laman Idntimes, Senin (29/4/2019), berikut manfaat besar jika rajin bersedekah:

1. Memperlancar rezeki

Salah besar jika ada seseorang yang berpikiran bahwa sedekah akan mengurangi rejeki, karena pada hakikatnya, dengan rajin bersedekah justru akan memperlancar rezeki lho.

Tuhan sangat menyukai umatnya yang mau berbagi kepada sesama, sehingga akan menggantinya dengan rezeki yang lebih baik lagi. Bukankah tubuh yang sehat dan bisa bernafas dengan baik juga merupakan suatu rezeki?

2. Mendapatkan rasa bahagia

Tak hanya orang yang diberi sedekah saja yang akan berbahagia, namun orang yang memberi sedekah akan jauh lebih bahagia lho. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diterbitkan di American Journal of Public Health pada tahun 2013, seseorang yang membantu orang lain akan terlindungi dari efek negatif akibat stres.

Dengan membantu seseorang secara sukarela, akan meningkatkan hormon endorfin, yang merupakan hormon yang bisa memberikan efek tenang dan bahagia, sehingga baik untuk kesehatan jiwa.

3. Hajatnya lebih cepat dikabulkan

Loading...

"Barang siapa berniat sedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari kecepatan gerakan sedekahnya." (Hadist Qudsi)

Selain dilancarkan rezekinya, seseorang yang bersedekah juga akan dimudahkan untuk mendapatkan hajatnya. Allah SWT akan membalas kebaikan orang yang berniat bersedekah dengan mempermudah urusannya, contohnya saja seperti lebih cepat dikabulkan hajatnya.

Kemudahan akan diberikan kepada seseorang yang memberikan kemudahan pada orang lain, yang juga sesuai dengan hukum alam bahwa kebaikan, suatu saat juga akan dibalas dengan kebaikan.

4. Terhindar dari musibah

"Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. " (HR. Imam Baihaqi)

Dengan rajin bersedekah, seseorang gak hanya akan dilancarkan rezeki dan cepat mengabulkan hajatnya saja, namun juga akan dihindarkan dari bencana. Karena itu segeralah bersedekah agar bencana dapat dijauhkan dari dirimu, seperti yang dijelaskan dalam hadist diatas.

5. Mendapatkan naungan di hari kiamat

Rasullah SAW bersabda: "Naungan orang beriman di hari kiamat adalah sedekahnya." (HR Ahmad)

Nah, ini dia manfaat paling besar yang akan kamu dapatkan jika rajin bersedekah, yaitu mendapatkan naungan di hari kiamat. Bahkan Rasullah telah mengeluarkan sabdanya, bahwa orang-orang beriman yang rajin bersedekah akan mendapatkan naungan di hari kiamat. Wah, hebat sekali bukan manfaat dari sedekah ini?
 

Tags
Loading...
Loading...