Sabtu, 27 April 2019 23:00 WITA

Ada Door Prize, Pemilih di TPS 02 Manggala Meningkat

Penulis: Rizal
Editor: Eka Nugraha
Ada Door Prize, Pemilih di TPS 02 Manggala Meningkat

RAKYATKU.COM, MAKASSAR --- Sejumlah cara dilakukan oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kota Makassar untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih di TPS saat menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU), Sabtu (27/4/2019).

Di TPS 02 di Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala, misalnya. KPPS di TPS tersebut menyediakan kupon door prize untuk para pemilih yang menyalurkan hak pilihnya. Sejumlah hadiah dan bingkisan pun disiapkan.

"Sebenarnya di Manggala ini yang kita khawatirkan, tapi Alhamdulillah ramai," ungkap Komisioner Divisi Penyelenggaraan Pemilu KPU Makassar, Gunawan Mashar, saat ditemui di Kantor KPU Kota Makassar, Jalan Perumnas Antang Raya, Makassar, Sabtu sore (27/4/2019).

Bahkan, Gunawan mengklaim khusus jumlah pemilih di TPS 02 Manggala tersebut meningkat. 

"Partisipasi pemilih memang agak berbeda. Tapi ada beberapa yang kayak di TPS 02 Manggala karena dia siapkan door prize, justru saya lihat bagus dan bahkan meningkat (jumlah pemilihnya). Laporan terakhir ada dua ratus lebih pemilih, itu tidak terlalu jauh dari jumlah DPT-nya," beber Gunawan.

loading...

Sekadar diketahui, jumlah DPT di TPS 02 di Kelurahan Manggala Kecamatan Manggala sebanyak 241 pemilih.

Jika ada yang meningkat, kata Gunawan, sejumlah TPS justru mengalami penurunan jumlah pemilih. Terutama TPS yang hanya menggelar PSU khusus Pilpres saja.

"Di kecamatan lain, seperti di Rappocini dan Biringkanaya. Memang ada satu atau dua TPS yang menurun partisipasinya, khususnya TPS yang hanya satu surat suara yaitu Pemilu Presiden. Misalnya juga di Tamalate itu ada beberapa yang menurun, mungkin ini berpengaruh karena hanya satu surat suara. Tapi secara keseluruhan berjalan lancar. Pengamanan juga bagus, antusiasme KPPS juga tinggi, yang sebelumnya saya anggap kelelahan tapi justru disambut bagus oleh KPPS," pungkas Gunawan.

Loading...
Loading...