Sabtu, 27 April 2019 20:11 WITA

Kalah di Kampungnya, Ma'ruf Amin Sebut NU Banten Begini

Editor: Abu Asyraf
Kalah di Kampungnya, Ma'ruf Amin Sebut NU Banten Begini
KH Ma'ruf Amin mengunggah kartun dirinya di akun Twitter.

RAKYATKU.COM - Harapan KH Ma'ruf Amin gagal jadi kenyataan pada Pilpres 2019. Dia kalah di daerah kelahirannya Provinsi Banten berdasarkan hasil quick count atau hitung cepat yang digelar beberapa lembaga survei.

Hasil quick count Indo Barometer menunjukkan pasangan Jokowi-Ma'ruf hanya mendapat 37,05 persen suara di Banten. Sementara Prabowo-Sandiaga meraih suara mayoritas yakni 62,95 persen. 

Data nyaris serupa diungkap Median. Pasangan Jokowi-Ma'ruf kalah dengan 39,49 persen. Prabowo-Sandiaga mendapat 60,51 persen suara.

"Saya memandangnya NU di Banten, warga Nahdlatul Ulama-nya belum memilih sehingga suara tidak signifikan," kata Ma'ruf pada silaturahmi keluarga besar NU di Kota Serang, Sabtu (27/4/2019). 

Loading...

Menurut Ma'ruf, ada kader NU yang memiliki pandangan politik berbeda sehingga tidak memilih dirinya dan Jokowi. Faktor lainnya, gerakan NU di Banten terbilang kecil. 

"Kita secara nasional bagus. NU terkonsolidasi kecuali di beberapa daerah, termasuk Banten. Banten lambat start. Karena itu, harus dilakukan konsolidasi," ujar Ma'ruf seperti dikutip dari Detikcom. 

Dia menyarankan Banten harus kembali ke jati dirinya sebagai daerah yang mayoritas pemeluk agamanya yang lembut dan rahmatan lil alamain. "Bukan paham radikal dan itu bukan khas Banten," katanya.
 

Loading...
Loading...