Jumat, 26 April 2019 17:52 WITA

Dinas Ketahanan Pangan Makassar Gelar Workshop Penanganan Kerawanan Pangan

Editor: Adil Patawai Anar
Dinas Ketahanan Pangan Makassar Gelar Workshop Penanganan Kerawanan Pangan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bidang Kerawanan Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar, menggelar workshop penanganan kerawanan pangan terpadu Angkatan I, di Hotel Claro Makassar, Jumat (26/4/2019).

Kegiatan yang dibuka Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar, Abdul Rasyid  ini diikuti oleh 150 masyarakat rawan pangan dari beberapa kecamatan di Kota Makassar ini.

"Istilah rawan pangan (food insecurity) merupakan kondisi kebalikan dari ketahanan pangan (food security). Istilah ini sering diperhalus dengan istilah terjadi penurunan ketahanan pangan, meskipun pada dasarnya pengertiannya sama," kata Abdul Rasyid.  

Dinas Ketahanan Pangan Makassar Gelar Workshop Penanganan Kerawanan Pangan

Sementara  DR. Ferdy, M.Sc, salah satu pemateri menjelaskan, pembinaan berkelanjutan dalam workshop ini akan dibekali keterampilan tehknis budi daya bagi kelompok yang layak untuk mengembangkan tanaman pangan.

Loading...

"Tujuannya adalah pembekalan pengetahuan kepada kelompok masyarakat agar memiliki kemampuan dan keterampilan agar dapat memenuhi kebutuhan pangan berkelanjutan dan berusaha yang menguntungkan secara ekonomis.

Bagi Nuraeni,SE, yang juga pemateri, rumah tangga diperkotaan rawan pangan tersebut dapat disebabkan oleh pemutusan hubungan kerja dan pengangguran. Rawan pangan adalah kondisi yang didalamnya tidak hanya mengandung unsur yang berhubungan dengan state of property saja.

"Seperti masalah kelangkaan sumber daya alam, kekurangan modal, miskin motivasi, dan sifat malas yang menyebabkan ketidakmampuan mereka mencukupi konsumsi pangan," pungkasnya.

Loading...
Loading...