Kamis, 25 April 2019 18:30 WITA

Istri Bomber yang Ledakkan Diri, Sedang Hamil Tua

Editor: Aswad Syam
Istri Bomber yang Ledakkan Diri, Sedang Hamil Tua
Ilham Ibrahim (lingkaran merah) sesaat sebelum meledakkan bom di Hotel Shangri-La, Sri Lanka.

RAKYATKU.COM, SRI LANKA - Minggu, 21 April 2019. Dua bersaudara, Ilham dan Inshaf Ibrahim, berjalan dengan tenang ke hotel-hotel mewah Shangri-La dan Cinnamon Grand di Kolombo, Sri Lanka.

Mereka lalu menarik pemicu, dan rompi mereka meledak, ketika para tamu sedang sarapan. 

Serangan mereka merenggut nyawa setidaknya 41 orang asing, termasuk delapan wisatawan Inggris - tiga di antaranya adalah anak-anak. 

Beberapa jam kemudian, polisi menggerebek rumah besar mereka di lingkungan eksklusif Colombo. Istri Ilham, Fatima yang hamil tua, meledakkan dirinya, membunuh tiga anaknya dan tiga pembantunya.  

Pemboman bunuh diri terkoordinasi hari Minggu menargetkan tiga gereja dan tiga hotel, menewaskan sedikitnya 359 orang dan melukai 500 lainnya. 

Loading...

Pihak berwenang menyalahkan kelompok lokal, Jamaah Towheed Nasional, atas serangan itu.  

Sebelumnya, ada peringatan akan ancaman bom bunuh diri itu. Pada 11 April, kepala polisi Sri Lanka mengeluarkan peringatan yang mengatakan, bahwa kelompok radikal Islam Nasional Thowheeth Jama'ath (NTJ) merencanakan pemboman bunuh diri dari 'gereja-gereja terkemuka', mengutip peringatan dari agen intelijen asing.

Dokumen itu ditujukan kepada beberapa pejabat tinggi, tetapi baik perdana menteri maupun wakil menteri pertahanan, tidak ada di antara para penerima.

Loading...
Loading...