Kamis, 25 April 2019 17:47 WITA

Putin dan Kim Berjanji untuk Memperkuat Hubungan Mereka

Editor: Suriawati
Putin dan Kim Berjanji untuk Memperkuat Hubungan Mereka
BBC

RAKYATKU.COM - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dan Presiden Rusia, Vladimir Putin telah berjanji untuk meningkatkan hubungan pada pertemuan puncak pertama mereka.

Pasangan itu saling menyapa dengan hangat sebelum memulai pembicaraan, di dekat kota pelabuhan Vladivostok di Rusia, hari ini, Kamis (25/04/2019).

Keduanya dilaporkan membahas denuklirisasi, di mana Putin menawarkan untuk mendukung upaya normalisasi hubungan Korea Utara-AS.

Berbicara setelah pertemuan dengan Putin, Kim mengatakan bahwa dia dan presiden Rusia melakukan "pertukaran pendapat yang sangat berarti tentang masalah kepentingan bersama dan masalah saat ini".

Sementara itu, Putin mengatakan mereka telah "membahas hubungan antara kedua Korea, dan apa yang bisa kita lakukan sehingga ada prospek yang baik untuk memperbaiki situasi".

Loading...

Kunjungan Kim ke Rusia dipandang secara luas sebagai kesempatan untuk menunjukkan bahwa ia memiliki sekutu yang kuat, setelah gagalnya pembicaraan dengan Presiden AS pada bulan Februari.

Seberapa dekat Rusia dan Korea Utara?
Selama Perang Dingin, Uni Soviet (di mana Rusia adalah negara penerus utama) mempertahankan hubungan dekat militer dan perdagangan dengan Korea Utara, untuk alasan ideologis dan strategis.

Setelah Uni Soviet runtuh pada tahun 1991, hubungan dagang dengan Rusia pasca-komunis menyusut dan Korea Utara condong ke China, dan menjadikannya sebagai sekutu utamanya.

Di bawah Presiden Putin, perekonomian Rusia pulih dan pada tahun 2014 ia menghapus sebagian besar utang era Soviet Korea Utara sebagai isyarat niat baik.

Loading...
Loading...