Rabu, 24 April 2019 21:04 WITA

KPPS Coblos Banyak Surat Suara di Boyolali Sempat Viral, KPU Bilang Bukan Pelanggaran

Editor: Abu Asyraf
KPPS Coblos Banyak Surat Suara di Boyolali Sempat Viral, KPU Bilang Bukan Pelanggaran
Video petugas KPPS di Boyolali mencoblos banyak surat suara sempat viral di media sosial.

RAKYATKU.COM - Video petugas KPPS di Boyolali mencoblos banyak surat suara sempat viral di media sosial. Bawaslu lalu merekomendasikan pemungutan suara ulang (PSU), namun KPU menolak. Ada apa?

Kasus ini terjadi di TPS 8 Dukuh Winong, Karangjati, Wonosegoro, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Petugas KPPS setempat terlihat mencobloskan sejumlah pemilih.

Namun, KPU setempat memutuskan tak akan menggelar coblosan ulang disana. Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin mengatakan, tidak cukup alasan untuk dilakukan PSU sebagaimana Pasal 372 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Menurut dia, pemungutan suara di TPS bisa diulang apabila terjadi bencana alam dan/atau kerusuhan yang mengakibatkan hasil pemungutan suara tidak dapat digunakan atau penghitungan suara tidak dapat dilakukan.

Dalam pasal tersebut, disebutkan empat kriteria kesalahan pengawas TPS yang memenuhi syarat dilakukan PSU. Pertama, pembukaan kotak suara atau berkas pemungutan dan penghitungan suara tidak dilakukan menurut tata cara yang ditetapkan dalam undang-undang. 

Kedua, petugas KPPS meminta pemilih memberikan tanda khusus, menandatangani, atau menuliskan nama atau alamat pada surat suara yang sudah digunakan.

Ketiga, petugas KPPS merusak lebih dari satu surat suara yang sudah digunakan oleh pemilih sehingga surat suara tersebut menjadi tidak sah. Keempat, pemilih yang tidak memiliki kartu tanda penduduk elektronik dan tidak terdaftar di daftar pemilih tambahan.

Loading...

"Sementara di TPS 8 Dukuh Winong tidak ada pelanggaran sesuai dengan ketentuan di pasal-pasal tersebut," jelas Ali.

Sementara itu Divisi Penindakan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Boyolali, Rubiyanto, menyatakan Bawaslu tetap pada keputusannya yaitu merekomendasikan TPS 8 Desa Karangjati untuk dilakukan PSU. Rekomendasi PSU tersebut juga sudah melalui kajian yang dilakukan Bawaslu Boyolali.

Dikemukakan Rubi, dalam UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu, sudah diatur tentang tugas dan kewenangan KPU.

"Salah satu tugas KPU itu di UU nomor 7/2017, Pasal 18 huruf i, adalah menindaklanjuti dengan segera temuan dan laporan yang disampaikan oleh Bawaslu kabupaten/kota," katanya.


 

Loading...
Loading...