Senin, 22 April 2019 10:59 WITA

Harta 98 Orang Ini Kalahkan Tabungan Nasional Satu Negara

Editor: Abu Asyraf
Harta 98 Orang Ini Kalahkan Tabungan Nasional Satu Negara
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM,MOSKOW - Tabungan nasional seluruh warga Rusia mencapai 27,7 triliun ruble atau sekitar Rp5.905 triliun. Ternyata angka itu lebih kecil dari karta kekayaan 98 miliarder di negara bekas Uni Soviet itu.

The Moscow Times melaporkan, menunjukkan harta 98 orang Rusia yang masuk daftar Forbes tahun ini mencapai USD 421 miliar atau Rp5.910 triliun. Total seluruh warga Rusia saat ini adalah sekitar 144,5 juta orang.

Itu pun menegaskan penilaian lembaga internasional yang menyorot parahya ketimpangan ekonomi di Rusia. Tahun lalu, Credit Suisse juga pernah mengestimasi bahwa 89 persen kekayaan Rusia dimiliki 10 persen orang terkaya di sana.

Berbeda dari Amerika Serikat (AS) atau China yang mulai memiliki banyak miliarder dari sektor teknologi, para orang terkaya Rusia kebanyakan mengandalkan sumber daya alam seperti gas, minyak, dan batu bara. Orang terkaya di Rusia juga berasal dari industri gas.

Pria itu adalah Leonid Mikhelson yang juga orang terkaya nomor 32 di dunia versi Forbes. Ia adalah chairman perusahaan gas Novatek.

Kekayaan Mikhelson mencapai USD 24 miliar (USD 336,9 triliun). Forbes juga mencatat bahwa mitra Mikshelson mempunyai kedekatan dengan Vladimir Putin.

Badan amal Oxfam merilis laporan yang menyatakan 26 miliarder paling kaya di dunia memiliki aset yang lebih banyak dari 3,8 miliar orang di dunia. Oxfam juga menilai tahun 2018 adalah saat ketika orang kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin.

loading...

Dilansir dari The Guardian, laporan itu menyebut melebarnya kesenjangan menyulitkan perlawanan terhadap kemiskinan. Menurut Oxfam, kekayaan 2.200 miliarder di seluruh dunia bertambah USD 900 miliar. 

Harta orang-orang kaya yang naik 12 persen berbanding terbalik dengan menurunnya harta setengah orang termiskin di dunia sebanyak 11 persen.

Laporan itu menyebut pada 2017 terdapat 43 orang yang lebih tajir dari setengah populasi dunia, sementara sekarang 26 orang yang memilikinya. Jumlah para miliarder juga bertambah ganda sejak krisis keuangan 2008.

Oxfam menggunakan daftar miliarder terkaya versi Forbes. Berikut nama 26 orang terkaya versi daftar Forbes 2018: Jeff Bezos, Bill Gates, Warren Buffett, Bernard Arnault, Mark Zuckerberg, Amancio Ortega, Carlos Slim Helu, Charles dan David Koch, Larry Ellison.

Melewati sepuluh besar ada nana miliarder Michael Bloomberg, Larry Page, Sergey Brin, Jim, Rob, dan Alice Walton, Ma Huateng, Francoise Bettencourt Meyers, Mukesh Ambani, Jack Ma, Sheldon Adelson, Steve Balmer, Li Ka-Shing, Hui Ka Yan, Lee Shau Kee.
 

Loading...
Loading...