Sabtu, 20 April 2019 20:41 WITA

Hari Kartini, Lima Srikandi Sulsel Bahas Produk Halal di Rujab Gubernur

Editor: Abu Asyraf
Hari Kartini, Lima Srikandi Sulsel Bahas Produk Halal di Rujab Gubernur

RAKYATKU.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel kembali menggelar diskusi produk halal, Minggu (21/4/2019). Pada seri keempat ini, lima srikandi Sulsel hadir sebagai pembicara.

Diskusi nasional kali ini bertema, "Pola Hidup Halal Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Gafuur". Sub temanya, "Peranan Ibu Mendorong Pola Hidup Halal Generasi Milenial."

"Pemilihan tema ini sebagai bagian dari apresiasi atas peringatan Hari Kartini 21 April 2019," ujar Ketua MUI Sulsel Bidang Informasi dan Komunikasi, Drs H Waspada Santing MSos.I, MHI, Sabtu (20/4/2019).

Acara digelar di Baruga Pattingalloang, kompleks rumah jabatan gubernur Sulsel mulai pukul 08.00 wita. Acara ini akan dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Ir Liestiaty Fachruddin MFish.

Hari Kartini, Lima Srikandi Sulsel Bahas Produk Halal di Rujab Gubernur

Empat srikandi lainnya diplot sebagai pembicara. Mereka yakni Ketua PW Muslimat NU Sulsel, Dr Ir Hj Majdah Muhyiddin Zain MSi; Ketua PW Aisyiah Sulsel Dr Nurhayati Azis SE MSi; Ketua Komisi Pemberdayaan Perempuan Remaja dan Keluarga MUI Sulsel Dr Hj Amrah Kasim MA; dan Ketua DPD Iwapi Sulsel Ida Farida Noer Haris SS MM.

Acara yang digelar MUI Sulsel bekerja sama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI ini juga menghadirkan Kepala BPJPH, Prof Ir Sukoso MSc PhD.

Waspada yang juga ketua panitia menambahkan, kegiatan ini salah satu upaya mensosialisasikan Undang-Undang Jaminan Produk Halal yang efektif berlaku tahun ini. 

Loading...

Tujuannya, membangun kesadaran umat Islam tentang pentingnya mengonsumsi produk-produk halal. Hasil survei menunjukkan kesadaran umat Islam untuk memilih produk makanan dan minuman yang halal masih rendah.

Sebagian besar umat belum mempertimbangkan apakah produk tersebut telah bersertifikat halal atau tidak. Padahal, dalam agama persoalan ini sangat serius. 

Dalam salah satu hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam disebutkan bahwa salah satu faktor terhalangnya doa seseorang adalah karena makanan atau pakaian yang dikenakannya berasal dari yang haram.

Diskusi produk halal ini sebelumnya sudah digelar tiga kali dengan menghadirkan pembicara dan peserta berbeda. Pertama digelar di RM Ulu Juku pada 16 Maret 2019.

Seri kedua berlangsung Hotel Almadera dan seri ketiga di Hotel Claro, Makassar. Rencananya, diskusi ini akan berlangsung enam seri. Seri kelima berlangsung Sabtu (27/4/2019) dengan sub tema, "Pola Hidup Halal dalam Kajian Akademik dan Implementasi Civitas Akademika".

Sedangkan diskusi seri keenam atau seri terkhir dijadwalkan berlangsung di Hotel Pesonna pada 4 Mei 2019 dengan tema, "Tanggung Jawab Sosial Media Mendorong Pola Hidup Halal Melalui Liputan Berkala".

Loading...
Loading...