Minggu, 21 April 2019 04:30 WITA

Berbahan Karbon, Pesawat Terbesar di Dunia Mulai Mengudara

Editor: Eka Nugraha
Berbahan Karbon, Pesawat Terbesar di Dunia Mulai Mengudara

RAKYATKU.COM --- Pesawat terbang terbesar di dunia lepas landas dari Gurun Pasir Mojave di California. Persawat ini terbuat dari komposit serat karbon yang diproduksi oleh Stratolaunch Systems Corp.

Pesawat berwarna putih yang disebut Roc, dengan rentang sayap sepanjang lapangan sepak bola Amerika dan ditenagai oleh enam mesin pada penampang badan pesawat kembar, mengudara lebih dari dua jam. Pesawat ini mendarat kembali dengan selamat di Bandar Udara dan Antariksa Mojave disaksikan oleh ratusan penonton yang bersorak-sorai.

“Sungguh sebuah penerbangan perdana yang fantastik,” ujar Kepala Eksekutif Stratolaunch, Jean Floyd, seperti yang dilansir VoA Indonesia.

“Penerbangan hari ini menjajaki misi kami lebih lanjut untuk menyediakan alternatif fleksibel terhadap sistem peluncuran dari darat,” ujar Floyd.

Pesawat ini dirancang untuk meluncurkan roket dan wahana antariksa lainnya yang berbobot hingga 226.796 kilogram pada ketinggian 10.668 meter dan telah digadang-gadang oleh perusahaan pembuatnya sebagai membuat peluncuran satelit “semudah memesan tiket pesawat.”

Loading...
Loading...

Berita Terkait