Minggu, 21 April 2019 05:00 WITA

Inilah Wilayah Terlarang untuk Keturunan Raja di Bantaeng 

Editor: Eka Nugraha
Inilah Wilayah Terlarang untuk Keturunan Raja di Bantaeng 

RAKYATKU.COM --- Di Kabupaten Bantaeng, terdapat sebuah daerah adat yang dikenal dengan sebutan Onto. Letaknya di kelurahan Onto, Kecamatan Bantaeng. 

Daerah ini adalah daerah adat. Menurut literatur, daerah ini adalah cikal bakal pertama lahirnya Kabupaten Bantaeng. Pusat pemerintahan pertama yang ada di Bantaeng dimulai dari daerah ini. 

Di Onto, terdapat tujuh buah rumah adat. Bentuknya sederhana. Seperti rumah panggung berukuran kecil. Rumah ini disebut pernah dihuni para pimpinan Bantaeng. 

Ada yang unik dari daerah adat ini. Keluarga keturunan raja yang ada di Bantaeng sangat dilarang untuk memasuki wilayah ini. Mitos ini berjalan turun temurun dan terus dipertahankan di Bantaeng. 

"Mohon maaf kalau ada yang bergelar Andi dari Bantaeng, daerah ini tidak bisa dimasuki. Ini mitos yang terjaga," jelas salah seorang pemuda desa Onto, Suhardi dalam acara peringatan adat 10 rajab di Onto, beberapa waktu lalu. 

Dia mengatakan, mitos ini terus terjaga. Konon, keluarga raja yang masuk ke dalam Onto harus terus berada di tempat itu. Jika keluar kembali, maka akan berdampak buruk pada dirinya. 

"Kalau tidak berumur panjang, berarti umurnya akan pendek," jelas dia. 

Dia mengatakan, Onto adalah sebuah peradaban yang telah ada sejak lama di Bantaeng. Peradaban ini lahir secara turun temurun di daerah ini. Sayangnya, sekarang, masih banyak generasi muda yang belum mengenali Onto sebagai daerah wisata adat. 

"Ini perlu diperkenalkan kepada generasi muda. Saya yakin, banyak yang tidak tahu pasti dimana saja titik Balla Tujua ri Onto," jelas dia.

Tags
Loading...
Loading...

Berita Terkait