Jumat, 19 April 2019 23:43 WITA

Prabowo Klaim Menang 62%, Begini Penjelasan BPN

Editor: Fathul Khair Akmal
Prabowo Klaim Menang 62%, Begini Penjelasan BPN
Capres nomor urut 01 Prabowo Subianto (foto: suara.com)

RAKYATKU.COM - Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Andre Rosiade menjelaskan soal pernyataan Prabowo Subianto yang berani mengklaim perolehan suara sampai dengan 62 persen.

Andre menerangkan, presentase angka 62 persen itu diperoleh berdasarkan perolehan form C1 yang dikirimkan oleh tim dari BPN yang menjadi saksi diseluruh tempat pemungutan suara (TPS).

"C1 dikirimkan oleh saksi-saksi kami, dari saksi untuk Pilpres, maupun saksi-saksi yang bertugas untuk Pileg, itu masuk ke DPP partai masing-masing dan juga ke BPN Prabowo-Sandi," kata Andre, Jumat (19/4/2019).

Dari hasil C1 itu, kemudian direkap hingga akhirnya hasil 62 persen itu dipublish oleh Prabowo di kediamannya.

"Lalu disingkronisasikan, direkap dibikin tabulasinya akhirnya kita lihat ternyata sudah sampai 60 persen lalu diumumkan Pak Prabowo," beber Andre.

Loading...

Andre menegaskan, jika hasil C1 yang dilaporkan itu berdasarkan seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 34 provinsi di Indonesia. Sehingga bukan hanya beberapa TPS saja.

"Jadi gini yang sudah masuk itu 60 persen dari seluruh tps di indonesia dari 34 provinsi. Berdasarkan itulah mengumumkan kemenangan kemarin sore, jadi clear ya," ujarny dikutip dari okezone.com.

Sebelumnya diketahui, Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengklaim jika dirinya bersama Sandiaga Uno menang dalam perhitungan suara usai pemilihan presiden 2019.

“Saya ingin memberi tahu suatu update bahwa berdasarkan real count kita sudah berada di posisi 62 persen,” kata Prabowo.

Loading...
Loading...