Sabtu, 20 April 2019 07:00 WITA

Soal Cegukan Sandiaga Uno, Berbahayakah?

Editor: Fathul Khair Akmal
Soal Cegukan Sandiaga Uno, Berbahayakah?
Foto: Liputan6.com

RAKYATKU.COM - Banyak orang yang bertanya-tanya tentang ‘menghilangnya’ Cawapres Sandiaga Uno saat Prabowo Subianto beberapa kali melakukan pidato untuk menanggapi keluarnya hasil Quick Count Pemilu 2019. Menurut salah satu orang yang berasal dari tim Paslon 02 itu, Sandiaga sedang sakit dan terus mengalami cegukan.

Sandiaga Uno mengalami cegukan terus-menerus
Yuda Aden, salah satu anggota Tim Sandiaga menyebut mantan Wagub DKI ini sakit sejak sore.

“Sejak sore Pak Sandiaga sudah merasa tidak enak badan. Dia cegukan terus sampai sekarang nggak putus-putus. Akhirnya Pak Sandiaga hanya beristirahat di kediaman Pak Prabowo,” ungkapnya pada Rabu, 17 April 2019 malam.

Yuda juga menyebut Sandiaga sudah mulai merasa tidak enak badan sejak mengisi acara di Media Center yang ada di Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan. Suhu badannya juga meningkat sehingga memilih untuk tetap beristirahat.

Berbahayakah cegukan terus-menerus seperti yang dialami Sandiaga Uno?
Pakar kesehatan menyebut cegukan sebagai kondisi yang membuat pita suara tertutup tiba-tiba akibat adanya kontraksi pada diafragma, otot pemisah antara rongga dada dan rongga perut.

Penyebab cegukan bisa saja berupa kebiasaan mengonsumsi makanan pedas, minuman bersoda, minuman panas, minuman dengan kandungan alkohol, kebiasaan merokok, perubahan suhu yang sangat cepat, hingga kebiasaan makan terlalu cepat.

Selain itu, jika kita sedang berada dalam kondisi stres atau dalam tekanan tertentu, cegukan bisa saja muncul dalam waktu yang cukup lama dan sulit untuk diatasi.

Jika cegukan tidak kunjung hilang hingga dua hari atau lebih, pakar kesehatan menyarankan kita untuk segera memeriksakan kondisi tubuh ke dokter demi mengetahui penyebabnya.

Hal ini disebabkan oleh adanya kemungkinan cegukan dipicu oleh iritasi pada gendang telinga, mengalami radang tenggorokan, terjadinya pembengkakan pada kelenjar tiroid, adanya tumor pada tenggorokan, gangguan asam lambung, atau gangguan ketidakseimbangan elektrolit pada tubuh.

Cara mengatasi cegukan yang ampuh dan mudah
Jika cegukan masih dalam tahapan yang ringan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya.

Loading...

Berikut adalah berbagai cara untuk mengatasi cegukan terus-menerus.

Menahan napas
Cobalah untuk menahan napas selama beberapa detik. Jika perlu, kita bisa memakai kantong kertas demi membantu meningkatkan kadar karbondioksida di dalam tubuh. Hal ini bisa merangsang diafragma berkontraksi dengan lebih dalam dan akhirnya menghentikan cegukan.

Minum air hangat
Cobalah untuk minum air hangat jika cegukan sulit untuk dihentikan. Diharapkan, keberadaan air hangat ini akan memperlancar peredaran darah di sekitar tenggorokan atau saluran pencernaan sehingga menghentikan cegukan.

Minum dengan memakai sedotan
Minum air dengan memakai sedotan juga bisa merangsang saraf vagus dan saraf frenik agar bisa kembali berfungsi dengan normal. Hal ini bisa membuat cegukan berhenti.

Menggigit jeruk nipis
Meski terlihat aneh, menggigit jeruk nipis ternyata cukup ampuh untuk mengatasi cegukan. Hal ini disebabkan oleh rasa masam dari jeruk nipis yang bisa mempengaruhi kinerja saraf vagus. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi dari jeruk nipis ini juga bisa menghentikan cegukan dengan segera.

Menelan gula
Selain jeruk nipis, kita juga bisa menggunakan bahan dapur lainnya, yakni gula untuk mengatasi cegukan. Cukup dengan menelan satu sendok gula pasir dan mengulumnya selama beberapa detik, maka kita akan mulai bisa merasakan manfaatnya.

Menelan cuka
Sebagaimana jeruk nipis, cuka juga memiliki rasa yang asam. Hal ini diharapkan bisa membantu mengatasi cegukan dengan cepat. Kita hanya tinggal mencampurkan 1 sendok cuka, baik itu cuka apel, cuka gandum, atau cuka putih dengan setengah gelas air. Segera minum campuran cuka ini dan cegukan akan hilang.

sumber: doktersehat.com

Loading...
Loading...