Kamis, 18 April 2019 15:47 WITA

Tunggu Hasil Resmi Pilpres, Bawaslu Gowa Imbau Warga Tidak Pawai

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Andi Chaerul Fadli
Tunggu Hasil Resmi Pilpres, Bawaslu Gowa Imbau Warga Tidak Pawai

RAKYATKU.COM, GOWA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa mengimbau warga untuk tidak melakukan pawai kemenangan terhadap calon presiden dukungannya. Konvoi kemenangan dianggap tidak perlu dilakukan sehari setelah pencoblosan.

Ketua Bawaslu Gowa, Samsuar Saleh mengatakan, imbauan itu diberikan sebagai bentuk antisipasi. Meski hingga saat ini belum ada indikasi digelarnya aksi tersebut.

"Untuk pawai, insya Allah itu tidak (ada). Tapi kalau sekadar imbauan, mending itu tidak perlu," katanya kepada Rakyatku.com, Kamis (18/4/2019).

Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga juga mengharapkan agar warga tidak melakukan pawai. “Kami imbau kepada seluruh masyarakat, khususnya tim sukses dari setiap paslon untuk tidak melakukan pawai kemenangan dengan mobilisasi massa pasca-tahap pencoblosan,” ujar Shinto .

Masyarakat pun diimbau untuk tetap tenang menunggu hasil rekapitulasi suara resmi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Loading...

“Jadi, meski ada hasil quick count setelah pencoblosan, masyarakat agar tidak melakukan pawai. Namun dengan menggelar doa bersama sebagai ungkapan syukur,” kata Kapolres Gowa.

Adapun imbauan terkait larangan untuk pawai kemenangan tersebut dilakukan dalam rangka menjaga harkamtibmas agar tetap aman dan kondusif. Sekaligus untuk mengantisipasi timbulnya konflik ataupun hal-hal yang tidak diinginkan.

Seluruh masyarakat, maupun peserta pemilu juga diharapkan tidak melakukan pawai kemenangan. Kemenangan tersebut juga sebaiknya diisi dengan hal yang lebih bermanfaat seperti berdoa, syukuran, maupun hal-hal yang lebih menguntungkan bagi orang sekitar.

Loading...
Loading...