Kamis, 18 April 2019 11:29 WITA

Venezuela Negara Paling Sengsara di Dunia, Thailand Paling Tidak Sengsara

Editor: Nur Hidayat Said
Venezuela Negara Paling Sengsara di Dunia, Thailand Paling Tidak Sengsara
Foto: AFP.

RAKYATKU.COM - Venezuela menduduki negara paling sengasara di dunia. Itu tidak terlepas dari inflasi yang menembus angka 8 juta dan menjadikan kondisi ekonomi negara ini paling menyedihkan di dunia.

Dikutip Bloomberg, Kamis (18/4/2019), negara Amerika latin itu berada di peringkat teratas dalam Indeks Kesengsaraan Bloomberg (Bloomberg's Misery Index). Ini berdasarkan perhitungan terhadap tingkat pengangguran dan inflasi pada 62 negara dalam lima tahun berturut-turut.

Venezuela tahun ini menjadi satu-satunya negara yang harus bertarung melawan tingginya inflasi sekaligus tingkat pengangguran yang tinggi. 

Sementara itu, Thailand kembali meduduki posisi sebagai negara yang paling tidak sengsara dalam indeks tersebut. Swiss berada di posisi berikutnya dengan Singapura berada pada posisi ketiga. 

Amerika Serikat turun enam peringkat dari posisi sebelumnya menjadi peringkat ke-13 paling tidak sengsara serta Inggris naik empat peringkat ke posisi 16. 

Ideks ini bergantung pada konsep yang menyatakan inflasi rendah dan pengangguran adalah gambaran umum mengenai perasaan penduduk suatu negara terkait perekonomian. 

Skor tahun ini didasarkan pada survei ekonom Bloomberg, sementara tahun-tahun sebelumnya didasarkan pada data aktual. 

Pemerintah Venezuela belum menerbitkan data ekonomi sejak 2016. Perkiraan analis berbeda secara substansial dari Bloomberg's Cafe Con Leche Index (tingkat inflasi yang didasarkan pada harga segelas kopi), yang memperkirakan tingkat inflasi saat ini 219,900 persen. 

Loading...

Tren pertumbuhan harga dalam indeks kesengsaraan adalah perubahan dari tahun lalu ketika kekhawatiran inflasi makin meningkat dan meningkatkan skor bagi banyak negara. 

Ekonom yang disurvei oleh Bloomberg melihat hampir setengah dari 62 ekonomi dengan tingkat inflasi lebih rendah daripada 2018, sementara mayoritas diperkirakan akan melihat penurunan pengangguran. 

Negara paling sengsara: 

1. Venezuela 
2. Argentina 
3. Afrika Selatan 
4. Turki 
5. Yunani 
5. Ukraina 
6. Uruguai 
7. Brazil 
7. Spanyol 
8. Arab Saudi 
9. Serbia 

Negara paling tidak sengsara: 

1. Thailand 
2. Swiss 
3. Jepang 
3. Singapura 
4. Taiwan 
5. Malaysia 
5. Republik Ceko 
5. Hong Kong 
6. Israel 
6. Korea Selatan

Loading...
Loading...