Rabu, 17 April 2019 22:17 WITA

Prabowo Menang Telak di TPS Tempat Bupati Bulukumba Mencoblos

Penulis: Rahmatullah
Editor: Abu Asyraf
Prabowo Menang Telak di TPS Tempat Bupati Bulukumba Mencoblos
Bupati Bulukumba, AM Sukri A Sappewali

RAKYATKU.COM,BULUKUMBA - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno menang telak di TPS 20 Kelurahan Caile, Kecamatan Ujung Bulu, Bulukumba.

TPS yang berlokasi di Jalan Bhakti Adiguna itu menjadi tempat Bupati Bulukumba, AM Sukri A Sappewali menggunakan hak suaranya. Prabowo-Sandi meraih 183 suara. Sedangkan Jokowi-Ma'ruf hanya mendapatkan 52 suara.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 20, Andi Jalaluddin, mengungkapkan ada dua suara yang batal dari total 237 pemilih yang berpartisipasi.

Sementara itu, Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto didampingi istri Sitti Isniyah melakukan pencoblosan di TPS 19 Kelurahan Caile. TPS ini berlokasi di gedung MAN 2 Bulukumba.

Usai kedua pemimpin daerah ini mencoblos, bersama dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, yaitu Dandim, Kapolres, dan Kajari melakukan pemantauan bersama ke beberapa TPS yang berada di Kecamatan Ujung Bulu dan Gantarang. 

TPS yang pertama dipantau proses pelaksanaan pencoblosannya adalah TPS 01 Kelurahan Kasimpureng, Kecamatan Ujung Bulu. Kemudian bergeser ke TPS 3 Kelurahan Tanah Kongkong yang berada di kampus STKIP Muhammadiyah.

Dari kampus STKIP, rombongan bupati dan wabup dan Forkopimda melanjutkan pemantauannya ke Kecamatan Gantarang. Di kecamatan terbanyak penduduknya ini, bupati dan wabup memantau lima TPS, yaitu TPS 4 dan TPS 3 Kelurahan Matekko, TPS 2 dan 4 Kelurahan Jalanjang, serta TPS 2 Desa Bontomacinna.

Loading...

Bupati AM Sukri Sappewali menyampaikan bahwa pemantauan dilakukan untuk melihat tingkat partisipasi pemilih di TPS-TPS. Seberapa banyak masyarakat datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya.

"Seperti di TPS 2 Jalanjang ini, partisipasi pemilih sudah mencapai 70 persen. Dari 230 nama yang ada di DPT, yang datang sudah mencapai 170 orang lebih," kata Sukri.

Selain itu, dia mengimbau kepada penyelenggara di TPS untuk menciptakan TPS yang bersih dan ramah. Tidak boleh ada petugas yang sombong kepada pemilih, dan harus memberikan perlakuan yang sama sehingga semua pemilih dapat menyalurkan hak suaranya.

Dirinya berharap pemilu 2019 kali ini menghasilkan pemilu yang jujur, bersih, dan mencapai target partisipasi pemilih. 

"Apa yang kita targetkan minimal 70 sampai 80 persen warga datang mencoblos dapat tercapai untuk memilih wakil-wakil mereka di DPR, DPD, DPRD kabupaten dan provinsi, serta presiden dan wakil presiden Republik Indonesia untuk lima tahun ke depan," pinta bupati dua periode ini.

Pemantauan TPS oleh bupati dan rombongan diakhiri salat zuhur berjemaah di Masjid Jami Rahmat Bontomacinna yang tidak jauh dari TPS 2.

Loading...
Loading...