Rabu, 17 April 2019 19:14 WITA

Bupati Gowa Akui Masih Ada Wilayah yang Belum Siap Saat Pencoblosan

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Aswad Syam
Bupati Gowa Akui Masih Ada Wilayah yang Belum Siap Saat Pencoblosan
Sejumlah warga, foto selfie dengan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan di TPS 06, Jl Beringin, Gowa, pagi tadi.

RAKYATKU.COM, GOWA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengakui, penyelenggaraan pemilu saat ini masih ditemukan banyak kendala teknis ketika memasuki hari pencoblosan hari ini.

Hal itu Adnan ungkapkan usai melakukan pencoblosan di TPS 06, rumah jabatan (Rujab), Jalan Beringin, Gowa.

"Memang ada kendala-kendala teknis yang didapatkan, seperti keterlambatan kedatangan kotak suara di beberapa daerah, dan ini tentu menjadi pekerjaan rumah bagi penyelenggara pemilu, agar tidak terjadi lagi di masa yang akan datang," ucap Adnan kepada media.

Meski demikian, lanjut Adnan, partisipasi masyarakat untuk sadar politik bisa meningkat di tahun-tahun politik yang akan datang. Adnan juga mengakui, partisipasi masyarakatnya tinggi, sehingga bisa sukses menyelenggarakan pemilu.

"Termasuk juga TPS 06 ini, juga mengalami keterlambatan dan rata-rata hampir di beberapa wilayah terjadi seperti ini. Apalagi melihat pemilihan legislatif digabung dengan pemilihan Capres dan Cawapres, satu orang mendapatkan lima kertas surat suara, dan itu tentu membutuhkan waktu apalagi bagi orang lanjut usia yang membutuhkan bantuan," katanya.

Loading...

Sebelumnya, Tempat Pemungutan Suara (TPS) 06 Kelurahan Tombolo yang terletak di TK Melati, Kompleks Rumah Jabatan Bupati Gowa, memulai pencoblosannya sekitar pukul 09.30 Wita.

Pasalnya, TPS tersebut saat pagi tadi belum disediakan perlengkapan untuk keperluan para petugas KPPS di TPS tersebut. Terlebih lagi, tampak sejumlah pemilih mulai berbondong-bodong mulai mendatangi TPS tersebut untuk menyalurkan hak suaranya termasuk Adnan Purichta Ichsan.

Ketua KPPS, Muh Amin mengatakan, keterlambatan perlengkapan tersebut seperti ATK, atribut saksi, dan Daftar Pemilih Tetap (TPT). Amin juga mengaku sudah berada di TPS tersebut lebih awal, namun perlengkapan tersebut belum tiba pagi tadi.

"Saya telah menghubungi ketua PPS di kelurahan, namun katanya sudah sementara menuju ke sini karena dia keliling 40 TPS. Dan di DPT tersebut, kita berpedoman di situ. Kami juga belum bisa mulai kalau seluruh perlengkapan tersebut belum siap," kata Amin kepada Rakyatku.com, Rabu (17/4/2019).

Loading...
Loading...