Rabu, 17 April 2019 18:34 WITA

Pemilu Serentak Pertama, Deng Ical Harap Menjadi Awal yang Baik

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Aswad Syam
Pemilu Serentak Pertama, Deng Ical Harap Menjadi Awal yang Baik
Syamsu Rizal bersama istrinya, Mellia Fersini, menyalurkan hak suaranya.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal, didampingi istrinya Mellia Fersini, telah memberikan hak suaranya di TPS 036, yang letaknya tidak jauh dari rumah pribadinya. 

Usai memberikan hak suaranya, Deng Ical (sapaan akrabnya), bersyukur turut andil dalam pesta demokrasi tersebut.

"Alhamdulillah hari ini, kami sudah menyalurkan hak pilih dan seperti yang telihat, berlangsung aman dan lancar. Walaupun kemarin waktu kita melakukan rakor, ada kekhawatiran bahwa tingkat partisipasi masyarakat itu bisa rendah, karena persoalan teknis yang agak susah," tuturnya. 

Menurutnya, kertas suara yang lebar, serta pelaksanaan Pemilu serentak, baru kali ini dilaksanakan. Dikhawatirkan akan mengurangi tingkat partisipasi masyarakat Makassar.

"Ini untuk lima kertas suara langsung dan itu memang menjadi masalah secara nasional," ungkapnya.

Namun, pihaknya telah mengantisipasi hal tersebut, dengan memberikan edukasi serta ruang kepada masyarakat terkait cara mencoblos yang benar dan hal-hal administrasi lainnya.

Loading...

"Nah itu yang kita disampaikan kepada masyarakat, supaya ada ruang bagi mereka pukul 12.00 hingga 13.00 itu, yang bisa mereka menggunakan hak pilihnya yang penting mereka sudah memiliki E-KTP," tuturnya. 

"Kemudian secara teknis juga, kita sudah ingatkan mereka, kalaupun agak susah mencari calegnya, cukup pilih partainya untuk DPR. Kalau Presiden dan DPD Insya Allah tidak ada masalah," tambahnya. 

Ia berharap, Pemilu serentak yang pertama ini, menjadi awal yang baik untuk mempercepat pemahaman kepada masyarakat, bahwa memberikan hak suara adalah tanggung jawab. 

"Kita berharap, masyarakat memahami bahwa Pemilu adalah pekerjaan dan menjadi tanggung jawab untuk menjaga negara Kesatuan republik Indonesia," tutupnya.

Loading...
Loading...