Rabu, 17 April 2019 12:59 WITA

Surat Suara Tercoblos Ditemukan di Gowa, Ini Penjelasan KPU

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Surat Suara Tercoblos Ditemukan di Gowa, Ini Penjelasan KPU
Foto/Ishak Agus.

RAKYATKU.COM, GOWA - Surat suara Pilpres yang sudah dalam kondisi tercoblos ditemukan di TPS 42 Desa Jenetallasa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.

Komisioner Divisi Hukum KPU Gowa, Tasrif membenarkan hal tersebut. Namun kata dia, kertas surat suara itu tidak tercoblos melainkan rusak.

"Kronologisnya, setelah petugas KPPS membuka surat suara tersebut, terlihat bagian surat suara tersebut yang rusak dan bukan hasil coblosan," kata Tasrif kepada Rakyatku.com, Rabu (17/4/2019).

"Surat suara tersebut dikumpulkan jadi belum ada pemilih yang mengambil surat suara tersebut apalagi tidak ada petugas KPPS yang masuk di TPS tersebut untuk bertugas. Dan ini kami telah buatkan berita acara bahwa ada surat suara yang rusak," tambahnya.

Dia memastikan, surat suara tersebut rusak bukan karena telah tercoblos. Kata dia, jika betul surat suara tersebut tercoblos, ukuran lubangnya akan besar seperti paku yang disediakan pihak KPU.

"Ada tertusuk masuk tapi bukan dari hasil pencoblosan. Kalau pencoblosan itu lubangnya besar dan ini kecil. Semuanya ada 9 lembar surat suara yang terbagi ada di paslon Capres nomor urut 01 dan 02," bebernya.

Loading...

Terpisah, Divisi Pengawasan Panwascam Kecamatan Pallangga, Muhammadong selaku mengaku menyayangkan adanya temuan surat suara berlobang ini. 

Menurutnya, pihak KPU Gowa semestinya melakukan pengecekan yang optimal agar pencoblosan tidak menemui hambatan.

"Semestinya KPU Gowa dan KPPS melakukan cek dan ricek dahulu sebelum didistribusikan," ungkap Muhammadong.


 

Loading...
Loading...