Rabu, 17 April 2019 08:00 WITA

Baju Berusia 700 Tahun Selamat dari Kebakaran Katedral Notre Dame

Editor: Nur Hidayat Said
Baju Berusia 700 Tahun Selamat dari Kebakaran Katedral Notre Dame
Foto: Getty Images

RAKYATKU.COM, PARIS - Kebakaran besar melanda Katedral Notre Dame di Paris, Prancis, Senin (14/4/2019). Untungnya, sejumlah barang bersejarah koleksi gereja ikonis itu bisa diselamatkan. 

Seperti sebuah baju peninggalan abad ke-13. Baju bersiluet tunik yang berusia 700 tahun itu diketahui milik Raja Louis IX atau lebih dikenal sebagai Saint Louis (1214-1270). 

Dalam cuitannya di Twitter, Wali Kota Paris Anne Hidalgo memastikan baju itu beserta koleksi berharga lainnya, seperti Crown of Thrones, mahkota berduri yang diyakini dipakai Yesus Kristus saat disalibkan, telah dievakuasi. 

"Terima kasih kepada polisi dan berbagai pihak yang telah menyelamatkan koleksi di #NotreDame. Crown of Thrones dan tunik Saint Louis sudah berada di lokasi yang aman," tulis Anne. 

Terbuat dari linen, tunik ini menjadi saksi kehidupan seorang raja muda Prancis yang dikukuhkan sebagai salah satu orang tersuci bagi umat Katolik. Louis IX dinobatkan sebagai raja ketika usianya masih 12 tahun, menyusul kematian sang ayah, Raja Louis VIII. 

Loading...

Raja Louis IX diumumkan sebagai seorang santo oleh Paus Boniface VIII pada 1297 atau sekitar 27 tahun setelah kematiannya atas dedikasinya terhadap umat Katolik. Ia pun menjadi satu-satunya raja Prancis yang bergelar santo. 

Notre Dame menyimpan lebih dari ratusan barang bersejarah yang dikelola oleh Treasury of Notre-Dame of Paris. 

Dikabarkan CNN, kebakaran yang terjadi Senin sore kemarin menghanguskan lebih dari dua per tiga gedung gereja berusia 800 tahun lebih itu. 

Dibangun pada 1163, Notre Dame yang merupakan salah satu obyek wisata terpopuler di Paris mendapat sertifikasi 'World Heritage' dari badan kebudayaan PBB UNESCO. Setiap tahunnya, Notre Dame dikunjungi lebih dari 13 juta wisatawan.

Loading...
Loading...