Senin, 15 April 2019 18:57 WITA

Sebelum Jokowi, Ini 3 Sosok Penting Indonesia yang Masuk ke Kakbah

Editor: Nur Hidayat Said
Sebelum Jokowi, Ini 3 Sosok Penting Indonesia yang Masuk ke Kakbah
Foto: Twitter Pramono Anung.

RAKYATKU.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), menunaikan ibadah umrah, Senin (15/4/2019), usai menjalani debat Pilpres putaran terakhir. Jokowi berkesempatan untuk masuk ke Kakbah.

Memasuki dalam Kakbah merupakan momen yang sangat diimpikan umat muslim. Tidak sembarang orang diizinkan masuk.

Tak hanya Jokowi, sang istri yakni Iriana Jokowi dan kedua anaknya, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep juga berkesempatan masuk ke Kakbah.

Sebelum Jokowi, ada beberapa orang penting di Indonesia yang juga berkesempatan untuk memasuki Kakbah.

1. Soeharto
Presiden ke-2 RI, Soeharto, menjadi salah satu orang asal Indonesia yang berkesempatan masuk ke dalam Kakbah. Soeharto bersama sang istri, Tien Soeharto melaksanakan umrah pada Oktober 1995.

Soeharto bersama rombongan yang terdiri atas menteri dan para pejabat tinggi diperkenankan masuk ke Kakbah. Petugas protokol hingga wartawan juga berkesempatan ikut rombongan masuk ke Kakbah.

Loading...

2. Susilo Bambang Yudhoyono
Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), juga jadi salah satu petinggi yang berkesempatan masuk ke Kakbah. Ia membawa serta sang istri Ani Yudhoyono bersama kedua anaknya Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudoyono serta menantu Annisa Pohan untuk menunaikan ibadah umrah.

Ibadah umrah itu dilaksanakan pada akhir April 2006. Kala itu SBY membawa serta rombongan yang terdiri atas sekitar 100 orang, mereka berkesempatan masuk ke Kakbah secara bergantian.

3. Boediono
Mantan Wakil Presiden Boediono juga berkesempatan memasuki Kakbah. Akan tetapi, Boediono mendapatkan momen langka masuk ke Kakbah saat masih menjabat sebagai Menko Perekonomian era kepemimpinan SBY.

Boediono jadi salah satu menteri yang ikut dalam rombongan ibadah umrah SBY dan keluarga pada 2006 lalu. Tak hanya Boediono, ada pula Menteri Luar Negeri saat itu Hassan Wirajuda yang bisa ikut masuk ke Kakbah.

Loading...
Loading...