Senin, 15 April 2019 09:19 WITA

Makam 4300 Tahun di Mesir Dibuka, Penuh Relief Indah

Editor: Andi Chaerul Fadli
Makam 4300 Tahun di Mesir Dibuka, Penuh Relief Indah
FOTO: Sky News

RAKYATKU.COM - Sebuah makam milik pejabat dari Dinasti Kelima Mesir telah dibuka. Lokasi kawasan Necropolis itu sekitar 20 mil di selatan Kairo.

Necropolis yang baru dibuka, terletak di dekat Saqqara, berisi relief berwarna cerah dan tulisan yang terpelihara dengan baik dicat dalam resin hijau khusus yang telah menyimpan pigmennya selama 4.300 tahun terakhir, dikutip dari Sky News, Senin (15/4/2019).

Dibangun dari batu kapur putih, itu dianggap milik seorang bangsawan yang dikenal sebagai Khuwy dan ditemukan bulan lalu.

Dalam sebuah pernyataan Mohamed Megahed, kepala tim penggalian, mengatakan: "Makam Khuwy yang berbentuk L dimulai dengan sebuah koridor kecil menuju ke bawah ke ruang depan dan dari sana sebuah ruang yang lebih besar dengan relief berwarna yang menggambarkan pemilik makam yang duduk di meja persembahan."

Loading...

Dinding utara makam menunjukkan desainnya terinspirasi oleh cetak biru arsitektur piramida kerajaan Dinasti Kelima, pernyataan itu menambahkan.

Tim telah menggali sejumlah makam yang diperkirakan berasal dari periode yang sama. Baru-baru ini para arkeolog menemukan sebuah kolom granit dengan tulisan yang didedikasikan untuk Ratu Setibor, istri raja kedelapan dan kedua dari belakang dinasti.

Tags
Loading...
Loading...