Senin, 15 April 2019 09:04 WITA

Seperti Ini Wajah Anjing pada 4500 Tahun Silam

Editor: Andi Chaerul Fadli
Seperti Ini Wajah Anjing pada 4500 Tahun Silam

RAKYATKU.COM - Wajah seekor anjing yang hidup sekitar 4.500 tahun yang lalu telah direkonstruksi setelah tengkoraknya ditemukan di gundukan pemakaman kuno.

Fitur binatang itu diciptakan kembali oleh seniman forensik Amy Thornton menggunakan cetak 3D dari CT scan cranium makhluk itu, dikutip dari Sky News, Senin (15/4/2019).

Sisa-sisa anjing itu ditemukan di sebuah piramida neolitik di dekat desa Grimbister, di pulau utama Orkney, Skotlandia utara.

Situs itu, yang disebut Bukit Cuween, berasal sekitar 3.000 SM, seperti banyak situs terkenal di kepulauan itu, tetapi penanggalan radiokarbon dari tengkorak anjing telah menemukan bahwa situs itu ditempatkan di situs itu sekitar 500 tahun kemudian.

Loading...

Penempatan tulang kemudian menunjukkan bahwa penguburan hewan itu memiliki nilai ritual, arkeolog percaya.

Steve Farrar, manajer interpretasi di Historic Environment Scotland, yang menugaskan rekonstruksi, mengatakan: "Sama seperti mereka hewan peliharaan yang berharga hari ini, anjing jelas memiliki tempat penting dalam Orkney neolitik, karena mereka dipelihara dan dilatih sebagai hewan peliharaan dan penjaga dan mungkin digunakan oleh petani untuk membantu merawat domba.

"Tetapi sisa-sisa yang ditemukan di Cuween Hill menunjukkan bahwa anjing memiliki arti khusus khusus bagi para petani yang tinggal di sekitar dan menggunakan makam sekitar 4.500 tahun yang lalu.

Tags
Loading...
Loading...